Penanaman Sikap Sosial dalam Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar

Abdillah, Muhammad Alvin Ihsan (2020) Penanaman Sikap Sosial dalam Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
Muhammad Alvin Ihsan Abdillah NPM 1601050022 - Alvin Abdilah.pdf - Other

Download (7MB)

Abstract

Siswa memiliki bakat yang berbeda-beda atau pembawaannya, terutama karena pengaruh lingkungan sosial yang berlainan. Hakikat pembelajaran IPS yang bertujuan membantu siswa menjadi warga negara yang baik dan memiliki kecerdasan sosial dalam memaksimalkan perannya di lingkungan keluarga maupun masyarakat. Mata pelajaran IPS diharapkan mampu menjadi jembatan pendidik untuk menyelamatkan sekaligus menjaga nilai-nilai sikap sosial siswa melalui kegiatan belajar mengajar. Peserta didik kelas V SDN 1 Taman Fajar memiliki keberagaman individu yang besar, sehingga mendorong peneliti meneliti lebih lanjut. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran proses pembelajaran IPS yang dilakukan guru untuk menanamkan sikap sosial pada siswa kelas V SDN 1 Taman Fajar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penanaman sikap sosial dalampembelajaran IPS pada siswa kelas V SD Negeri 1 Taman Fajar kecamatan Purbolinggo kabupaten Lampung Timur.

Jenis penelitian ini adalah Field Reasearch yaitu penelitian yang mengharuskan peneliti berangkat ke „lapangan‟ untuk mengadakan pengamatan tentang sesuatu fenomena dalam suatu keadaan alamiah. Metode penelitian yang diterapkan dalam penelitian ini adalah ex post facto yang artinya sesudah fakta, dengan pengambilan data secara survey. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Metode pengumpulan data adalah wawancara (interview), pengamatan (observasi) dan dokumentasi. Sedangkan teknik analis data yang digunakan yaitu induktif melalui reduksi data, penyajian data (data display) dan kesimpulan (verification)

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penanaman sikap sosial harus ditanamkan sejak dini. Menanamkan sikap sosial melalui pembelajaran IPS sangat baik guru lakukan untuk menumbuhkan sikap sosial apalagi di dalam pembelajaran IPS banyak terdapat materi-materi yang cocok untuk guru dalam menanamkan sikap sosial. Sikap sosial dapat ditanamakan melalui pembiasaan, figur yang baik, yang dapat siswa lihat melalui guru, orang tua dan teman sebayanya. Pembelajaran IPS diharapkan dapat membantu siswa dalam menanamkan sikap sosialnya dan menjadikan siswa pribadi yang disiplin, tegas, tolong menolong, saling menghargai, ramah kepada siapapun.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 27 May 2021 01:55
Last Modified: 27 May 2021 01:55
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/4121

Actions (login required)

View Item View Item