Peran Guru PAI Dalam Menerapkan Pendidikan Multikultural Terhadap Pengembangan Sikap Toleransi Siswa di SMP Cahaya Bangsa Metro

Erviana, Ririn (2019) Peran Guru PAI Dalam Menerapkan Pendidikan Multikultural Terhadap Pengembangan Sikap Toleransi Siswa di SMP Cahaya Bangsa Metro. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
SKRIPSI RIRIN ERVIANA NPM. 1501010213 - Ririn Erviana.pdf - Other

Download (3MB) | Preview

Abstract

Proses pendidikan tak lepas dari peran guru sebagai figur utama dalam memberi teladan bagi peserta didik. Proses pembentukan karakter manusia yang didominasi dengan jalan pendidikan juga tak akan pernah lepas dari peran seorang guru dalam menahkodai jalannya pembelajaran. Sehingga dalam hal ini, pendidikan juga semestinya mengusung pembelajaran yang dapat menciptakan kebiasaan baru, dalam upaya menumbuhkembangkan sikap toleransi kepada peserta didik. Sehingga pendidikan Agama yang berwawasan multikultural dapat dijadikan salah satu solusi dalam mengembangkan karater peserta didik yang inklusif dan toleran terhadap perbedaan.

Pertanyaan penelitian ini yaitu: (1) Bagaimana Peran Guru PAI dalam menerapkan pendidikan multikultural terhadap pengembangan sikap toleransi siswa di SMP Cahaya Bangsa Metro? (2) Apa saja faktor-faktor penghambat dan pendukung guru dalam menerapkan pendidikan multikultural?

Tujuan penelitian ini yaitu: (1) Untuk mengetahui peran guru PAI dalam menerapkan pendidikan multikultural terhadap pengembangan sikap toleransi siswa di SMP Cahaya Bangsa Metro. (2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat guru PAI dalam menerapkan Pendidikan Multikultural terhadap pengembangan sikap toleransi siswa di SMP Cahaya Bangsa Metro Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Sementara Teknik penjamin keabsahan data menggunakan triagulasi sumber.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Peran Guru PAI dalam Menerapkan Pendidikan Multikultural terhadap pengembangan sikap toleransi di SMP Cahaya Bangsa Metro sudah baik. dapat dilihat dari beberapa perannya sebagai berikut: (a) Memupuk Budaya Toleransi, (b) Menanamkan Sikap No Rasis, (c) Morning Meeting (Pembiasaan), dan (d) Memberi Perlakuan sama Terhadap Perbedaan Kemampuan dan Gender.

Selain itu, penulis mengidentifikasi beberapa faktor yang mendukung Guru PAI ketika menjalankan tugasnya sebagai pendidik, pengajar, pembimbing dan pelatih dalam menerapkan pendidikan multikultural yaitu: (a) Fasilitas Ruang Ibadah, (b) Guru dari Berbagai Agama, (c) Buku Pendukung, (d)Kultur Warga Sekolah SMP Cahaya Bangsa Metro. Sedangkan faktor yang menghambat Guru PAI dalam menjalankan pendidikan multikultural adalah sebagai berikut: (a) Kepribadian Guru, (b) Anak yang terlalu nyaman dengan kultur sekolah, dan (c) Orang tua yang menuntut penambahan pembelajaran Agama.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 30 Dec 2019 03:04
Last Modified: 30 Dec 2019 03:04
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/423

Actions (login required)

View Item View Item