Upaya Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Mewarnai di TK Pertiwi 1 Raja Basa Lama

Rahmawati, Badriah (2019) Upaya Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Mewarnai di TK Pertiwi 1 Raja Basa Lama. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
skripsi Badriah_Perpustakaan IAIN Metro.pdf - Other

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya kendala yang dihadapi dalam proses kegiatan pembelajaran di TK Pertiwi 1 Raja Basa Lama yaitu tingkat kraetivitas anak masih rendah. Anak-anak masih belum bisa untuk mengembangkan ide dan imajinasi yang anak miliki. Dalam proses pembelajaran guru lebih terdominasi oleh kegiatan berhitung, menghafal dan membaca. Dalam proses pembelajaran di dalam kelas belum menggunakan metode dan strategi pembelajaran yang sesuai, seperti menjelaskan bagaimana cara ataupun metode dalam mewarnai yang harus dilakukan. Sehingga anak menjadi kurang tertarik, merasa bosan dan malas untuk mewarnai.

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kreativitas anak usia dini dan kualitas pembelajaran melalui kegiatan mewarnai pada anak-anak di TK Pertiwi 1 Raja Basa Lama Tahun Pelajaran 2019/2020.

Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 siklus terdiri dari 3 kali pada pertemuan setiap siklusnya. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas B dengan jumlah 15 murid terdiri dari 9 anak perempuan dan 6 anak laki-laki. Pengumpulan data yang dilakukan dengan lembar observasi dalam proses pembelajaran, yakni untuk mengetahui peningkatan kreativitas anak usia dini.

Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan, yaitu pada siklus pertama terdapat anak yang berkembang sangat baik (BSB) ada 4 anak, berkembang sesuai harapan (BSH) ada 2 anak, mulai berkembang (MB) ada 2 anak, belum berkembang (BB) ada 7 anak. Sedangkan pada siklus 2 terdapat anak yang berkembang sangat baik (BSB) 13 anak, berkembang sesuai harapan (BSH) 1 anak, mulai berkembang (MB) 1 anak, dan belum berkembang (BB) tidak ada. Hasil ini menggambarkan bahwa melalui kegiatan mewarnai dapat meningkatkan kreativitas di TK Pertiwi 1 Raja Basa Lama.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 30 Dec 2019 04:26
Last Modified: 30 Dec 2019 04:26
URI: http://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/427

Actions (login required)

View Item View Item