Pengaruh penggunaan metode ceramah dan metode diskusi terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam kelas VII di SMP Negeri 1 Punggur

Ambarsari, Febby Putri (2021) Pengaruh penggunaan metode ceramah dan metode diskusi terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam kelas VII di SMP Negeri 1 Punggur. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
skripsi febby - Febbyputri Ambarsari.pdf - Other

Download (9MB)

Abstract

Hasil belajar siswa merupakan perubahan tingkah laku pada siswa setelah melakukan kegiatan belajar dalam bentuk perubahan sikap, keterampilan, dan nilai. Serta dapat dijadikan sebagai tolak ukur untuk mengetahui apakah pendidikan di sekolah berhasil atau tidak. Hasil belajar dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya adalah penggunaan metode ceramah dan metode diskusi yang dilakukan oleh seorang pendidik di dalam proses pembelajaran. Hal ini dilakukan guna untuk menciptakan suasana kelas yang menarik dan nyaman agar siswa tidak merasakan bosan ketika proses pembelajaran berlangsung, sehingga akan berpengaruh kepada siswa akan menghasilkan hasil belajar yang baik. Adapun rumusan masalah pada penelitian ini yakni apakah ada pengaruh penggunaan metode ceramah dan metode diskusi terhadap hasil belajar pendidikan agama Islam siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Punggur, sedangkan populasi dalan penelitian ini sebanyak 246 siswa dengan sampel 45 siswa.

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan menginterpretasi pengaruh penggunaan metode ceramah dan metode diskusi terhadap hasil belajar mata pelajaran pendidikan agama Islam kelas VII di SMP Negeri 1 Punggur. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data kuesioner (angket), observasi, dan dokumentasi. Kuesioner (angket) ditujukan kepada siswa untuk mencari data tentang penggunaan metode ceramah dan metode diskusi, dan dokumentasi yang bertujuan untuk mendapatkan informasi tentang hasil belajar Pendidikan Agama Islam, sejarah singkat berdirinya sekolah, visi misi sekolah, kondisi, identitas, sarana dan prasarana, serta struktur organisasi sekolah SMP Negeri 1 Punggur.

Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan metode ceramah dan metode diskusi terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam kelas VII SMP Negeri 1 Punggur. Hal ini terbukti dari pengujian hipotesis menggunakan rumus regresi linier ganda atau korelasi multiple diperoleh nilai signifikan untuk pengaruh X1 dan X2 secara simultan terhadap Y adalah sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai F hitung 23,978 > 3,21, sehingga dapat disimpulkan bahwa hipotesis diterima yang berarti terdapat pengaruh X1 dan X2 secara simultan terhadap Y. Adapun dari hasil perhitungan koefisien diterminasinya penggunaan metode ceramah dan metode diskusi memiliki kontribusi atau pengaruh sebesar 86,3% dalam mempengaruhi Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas VII SMP Negeri 1 Punggur.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 07 Sep 2021 01:59
Last Modified: 07 Sep 2021 01:59
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/4294

Actions (login required)

View Item View Item