Pengaruh Pendidikan Karakter Terhadap Akhlak Peserta Didik Kelas VIII SMP IT Bina Insani Metro Utara Tahun Pelajaran 2019/2020

Prayogo, Bagus (2019) Pengaruh Pendidikan Karakter Terhadap Akhlak Peserta Didik Kelas VIII SMP IT Bina Insani Metro Utara Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
SKRIPSI BAGUS PRAYOGO 1282421 - SMPIT Bina Insani Metro.pdf - Other

Download (7MB) | Preview

Abstract

Pendidikan pada dasarnya adalah upaya meningkatkan kemampuan sumber daya manusia supaya dapat menjadi manusia yang memiliki karakter dan dapat hidup mandiri. Berdasarkan hal tersebut, yang menjadi permasalahan dalam kajian ini adalah apakah pendidikan karakter dapat mewujudkan akhlak mulia? Dari rumusan masalah tersebut, tujuan kajian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pendidikan karakter dapat mempengaruhi akhlak mulia. Membangun karakter dan watak bangsa melalui pendidikan mutlak diperlukan, bahkan tidak bisa ditunda. Pendidikan karakter dapat berjalan efektif dan berhasil apabila dilakukan secara integral dimulai dari lingkungan rumah tangga, sekolah dan masyarakat. Karakter yang harus ditanamkan kepada peserta didik di antaranya adalah; cinta kepada Allah dan alam semesta beserta isinya, tanggung jawab, disiplin dan mandiri, jujur, hormat dan santun, kasih sayang, peduli, dan kerja sama, percaya diri, kreatif, kerja keras dan pantang menyerah, keadilan dan kepemimpinan, baik dan rendah hati, dan toleransi, cinta damai dan persatuan. Sedangkan akhlak mulia adalah keseluruhan kebiasaan manusia yang berasal dalam diri yang di dorong keinginan secara sadar dan dicerminkan dalam perbuatan yang baik. Dengan demikian apabila karakter-karakter yang luhur tertanam dalam diri peserta didik maka akhlak mulia secara otomatis akan tercermin dalam perilaku peserta didik dalam kehidupan keseharian..

Berdasarkan hasil pengujian, di peroleh harga chi kuadrat ( 2 hitung) sebesar 10.382. Kemudian harga 2 hitung ini dibandingkan dengan harga 2 tabel sebesar9,488. Ternyata harga 2 hitung lebih besar dari 2 tabel. Dengan demikian hipotesis (Ha) yang penulis ajukan diterima, yang berarti ada pengaruh antara pendidikan karakter terhadap akhlak peserta didik. Sedangkan untuk menguji seberapa besar pengaruhnya, penulis menggunakan Koefisien Kontingensi (C). Dari pengujian C, diperoleh harga Chitung = 0,574 kemudian dibandingkan dengan Cmaks = 0,816. Karena harga Chitung mendekati harga Cmaks , maka dapat dikatakan ada pengaruh yang cukup erat antara variabel X terhadap variabel Y.

Berdasarkan pengujian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh yang cukup erat antara pendidikan karakter terhadap akhlak peserta didik SMPIT Bina Insani

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 30 Dec 2019 06:55
Last Modified: 30 Dec 2019 06:55
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/433

Actions (login required)

View Item View Item