Sikap Customer Terhadap Layanan Biker Ojek Online (Studi Pada Grab Kota Metro)

Aziz, Ihfan (2020) Sikap Customer Terhadap Layanan Biker Ojek Online (Studi Pada Grab Kota Metro). Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
IHFAN AZIZ FIX - Tio Senvak.pdf - Other

Download (3MB)

Abstract

Grab merupakan perusahaan yang bergerak di bidang jasa seperti antar jemput, ekspress, makanan, pulsa dan sebagainya. Salah satu jasa yang umum digunakan oleh customer adalah jasa antar jemput. Biker direkrut dengan cara dilatih, serta dibekali jaket, helm dan smartphone yang berguna melihat pemesanan serta menghitung harga berdasarkan jarak. Banyaknya Biker ojek online seperti Grab sudah pasti berasal dari lingkungan, suku, terlebih watak yang berbeda. Latar belakang yang berbeda-beda tersebut pastinya akan memunculkan sikap yang berbeda pula dari setiap Biker. Customer tidak jarang secara sepihak meng-cancel order yang telah dibuat dengan alasan tidak cocok dengan Biker-nya, motornya jelek dan lain sebagainya. Bahkan ada customer yang memesan makanan dan sudah terlanjur dibeli oleh Biker, tiba-tiba membatalkannya begitu saja.

Tujuan dilakukan penelitian ini yaitu untuk mengetahui sikap customer terhadap layanan Biker ojek online Kota Metro. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh biker ojek online grab yang ada di Kota Metro yang berjumlah + 1.500 biker. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 150 biker. Dalam memperoleh data yang diperlukan, peneliti menggunakan angket dan dokumentasi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini bersifat kuantitatif maka teknik analisa yang digunakan adalah teknik analisa statistik dengan rumus chi kuadrat.

Berdasarkan pembahasan yang telah dijabarkan, maka dapat dirumuskan kesimpulan bahwa sikap customer terhadap layanan biker ojek online grab Kota Metro sudah dianggap cukup baik. Begitu pula pelayanan yang diberikan oleh biker sudah dianggap sesuai ekspektasi para customer. Hal tersebut terbukti dengan nilai 2 X hit yang diperoleh dalam penelitian ini lebih besar jika dibandingkan dengan harga chi kwadrat yang ada pada tabel baik pada taraf signifikansi 5 % maupun taraf signifikansi 1 % yang mana dapat disederhanakan menjadi 5, 591 < 145, 28 > 9.210. Sedangkan besar pengaruhnya di dapat nilai KK= 0, 701 yang terletak pada interval 0, 600-0, 800 atau termasuk kategori Cukup.

Kata Kunci: Sikap Customer, Layanan Biker

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Perbankan Syariah
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 27 May 2021 01:58
Last Modified: 27 May 2021 01:58
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/4368

Actions (login required)

View Item View Item