Implementasi Manajemen Mutu Pendidikan Menuju Madrasah Unggulan Di MTs Ma'arif NU 5 Sekampung

Dela, Ami Nura (2019) Implementasi Manajemen Mutu Pendidikan Menuju Madrasah Unggulan Di MTs Ma'arif NU 5 Sekampung. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
SKRIPSI AMI NURA DELA NPM. 1501010152 - Amy Nuradella.pdf - Other

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pendidikan merupakan hal yang sangat penting dalam peningkatan mutu Sumber Daya Manusia (SDM), pendidikan yang bermutu merupakan harapan dan dambaan bagi masyarakat. Sejalan dengan pesatnya tingkat perkembangan saat ini, maka tuntutan akan ketersediaan sumber daya manusia semakin tinggi. Dengan demikian, kualitas yang memadai dan output merupakan suatu yang harus dihasilkan oleh sekolah maupun madrasah sebagai satuan pendidikan yang bertujuan dasarnya adalah menyiapkan manusia-manusia berkualitas baik secara intelektual maupun perannya dalam kehidupan masyarakat. Untuk itu, baik sekolah maupun madrasah harus membekali dengan kurikulum yang memadai.

Rumusan masalah yang penulis lakukan adalah bagaimana implementasi manajemen mutu pendidikan dan implementasi standar mutu pendidikan yang ada disekolah tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengkaji lebih dalam mengenai implementasi manajemen mutu pendidikan dan implementasi standar mutu pendidikan yang ada di sekolah tersebut.

Metodologi dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif lapangan, Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data wawancara, observasi, dan dokumentasi, wawancara dilakukan kepada guru, Waka Kurikulum, dan Kepala Sekolah. Observasi dilakukan untuk mengamati kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh guru PAI. Dokumentasi digunakan untuk mengetahui sejarah sekolah, visi-misi, keadaan guru, jumlah siswa, sarana prasarana sekolah, letak geografis dan struktur organisasi sekolah.

Berdasarkan hasil penelitian, implementasi manajemen mutu pendidikan yang ada di sekolah tersebut, kepala sekolah sudah melakukan hal positif seperti mengupayakan keefektifan proses pembelajaran dengan memotivasi guru dan guru meningkatkan kompetensinya. Standar mutu pendidikan yang ada di sekolah tersebut mengacu pada SNP (Standar Nasioanal Pendidikan) yang meliputi, standar isi, Standar proses, Standar kompetensi lulusan, Standar pendidik dan tenaga kependidikan, Standar sarana dan prasarana, Standar pengelolaan, Standar pembiyaan, dan standar penilaian pendidikan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 30 Dec 2019 07:47
Last Modified: 30 Dec 2019 07:47
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/439

Actions (login required)

View Item View Item