Pengaruh iklim belajar dan gaya belajar terhadap kreativitas belajar siswa mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 4 Sekampung Lampung Timur

Ardiyanto, Riki (2020) Pengaruh iklim belajar dan gaya belajar terhadap kreativitas belajar siswa mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 4 Sekampung Lampung Timur. Masters thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
RIKI ARDIYANTO.pdf - Other

Download (2MB)

Abstract

Tercapainya tujuan pendidikan di sekolah membutuhkan iklim belajar yang kondusif dan kreativitas siswa dalam mengikuti pembelajaran sebagai bagian dari sistem pendidikan disekolah. Sekolah sebagai suatu organisasi dan lembaga pendidikan yang komponennya terdiri dari peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan, membutuhkan suasana yang kondusif sebagai suatu konsesus bersama yang harus diterapkan, dalam rangka mewujudkan visi, misi dan tujuan pendidikan disekolah. Demikian pula peserta didik membutuhkan suasana belajar yang kondusif yang mencerminkan hubungan positif di antara semua elemen sekolah.

Adapun Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : “Adakah Pengaruh Iklim Belajar dan Gaya Belajar terhadap Kreativitas Belajar Siswa Mata kelas VIII pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 4 Sekampung Lampung Timur”. Adapun tujuan penelitian ini Untuk mendeskripsikan iklim belajar, gaya belajar dan kreativitas belajar siswa dan Untuk menguji pengaruh iklim belajar dan gaya belajar terhadap Kreativitas Belajar Siswa kelas VIII pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 4 Sekampung Lampung Timur.

Berdasarkan hasil penelitian diketahui ada pengaruh yang signifikan antara Iklim Belajar dan Gaya Belajar dijalankan dengan baik dalam proses pembelajaran, maka Kreativitas Belajar Siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam akan baik pula”. ini dibuktikan dengan hasil uji hipotesis yaitu: Terdapat terdapat pengaruh Iklim Belajar dan Gaya Belajar Terhadap Kreativitas Belajar Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 4 Sekampung Lampung Timur. Hal ini di tunjukan oleh nilai t-hitung (1,068) > t- tabel dengan N = 43 tingkat kepercayaan 1% = 2.42080 dengan tingkat signifikan 0,000 pada t-tabel, sehingga Iklim Belajar dan Gaya Belajar Terhadap Kreativitas Belajar Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 4 Sekampung Lampung Timur terdapat pengaruh yang signifikan.

Pengaruh linier antara variable Iklim Belajar dan Gaya Belajar Terhadap Kreativitas Belajar Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 4 Sekampung Lampung Timur persamaan regresi Ŷ= = 12.922 +(0,167)X1 + 0,383 X2 yang menunjukan bahwa setiap kenaikan satu unit sekor Iklim Belajar dan Gaya Belajar akan menyebabkan kenaikan skor Kreativitas belajar siswa sebesar (0,167) dan (0,383) unit pada konstanta 12.922. Adapun besarnya pengaruh Iklim Belajar dan Gaya Belajar Terhadap Kreativitas Belajar Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 4 Sekampung Lampung Timur adalah 14.022%.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pascasarjana
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Saiful Manaf M.Pd.I
Date Deposited: 16 Mar 2021 07:27
Last Modified: 16 Mar 2021 07:32
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/4396

Actions (login required)

View Item View Item