Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berwawasan Multikutltural dalam Pengembangan Sikap Sosial Siswa di SMK Negeri 1 Bumi Agung Lampung Timur

Aquinalda, Icha (2021) Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berwawasan Multikutltural dalam Pengembangan Sikap Sosial Siswa di SMK Negeri 1 Bumi Agung Lampung Timur. Masters thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
TESIS ICHA AQUINALDA - Icha Aquinalda.pdf - Other

Download (2MB)

Abstract

Pendidikan Agama Islam berwawasan multikultural adalah model pendidikan yang menekankan pada nilai-nilai moral, seperti kasih sayang, cinta seseorang, tolong menolong, toleransi, menghargai keberagaman, dan sikap-sikap lain yang menjunjung kemanusiaan. Lebih lanjut artinya Pendidikan Agama Islam yang berwawasan Multikultural adalah suatu pendidikan yang membuka visi dan cakrawala yang lebih luas. Mampu melintas batas kelompok etnis atau tradisi budaya dan agama sehingga mampu melihat “kemanusiaan” sebagai keluarga yang memiliki perbedaan ataupun kesamaan cita-cita. Dengan adanya pembelajaran ini sikap sosial siswa perlahan-lahan akan terbentuk.

Fokus masalah dalam penelitian ini adalah 1). Bagaimanakah implementasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam pengembangan sikap sosial siswa, 2). Apa sajakah faktor penghambat dan faktor pendukung dari implementasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam berwawasan multikultural dalam pengembangan sikap sosial siswa di SMK Negeri 1 Bumi Agung. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis implementasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam berwawasan multikultural dalam pengembangan sikap sosial siswa dan faktor penghambat dan faktor pendukung implementasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam pengembangan sikap sosial siswa.

Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan metode wawancara mendalam dan dokumentasi, karena wabah pandemi Covid-19 membuat sekolah melakukan pembelajaran daring, sehingga metode observasi tidak dapat dilakukan. Sedangkan teknik penjamin keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Metode analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi.

Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa: Pertama, Pembelajaran Pendidikan Agama Islam berwawasan multikultural telah dijalankan dengan baik di SMK Negeri 1 Bumi Agung. Selain itu, pengembangan sikap sosial siswa itu terjadi berasal dari faktor intern dan ekstern yakni dari dalam diri siswa itu sendiri baik itu pengalaman pribadi atau pengaruh emosionalnya, juga dari ekstrn yakni pengaruh dari pihak luar seperti teman dan guru. Kedua, Faktor pendukung dan faktor penghambat implementasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam berwawasan multikultural dalam vi pengembangan sikap sosial siswa di SMK Negeri 1 Bumi Agung dapat dilihat dari pengaruh diri sendiri maupun dari pengaruh lingkungan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 27 May 2021 01:58
Last Modified: 27 May 2021 01:58
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/4402

Actions (login required)

View Item View Item