Strategi Peningkatan Literasi Digital dalam Pembelajaran pendidikan Agama Islam di SMKN 3 Metro

Astuti, Sri (2021) Strategi Peningkatan Literasi Digital dalam Pembelajaran pendidikan Agama Islam di SMKN 3 Metro. Masters thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SRI ASTUTI (19001862) - Sri Astuti.pdf - Other

Download (2MB)

Abstract

Era digital telah menuntut dunia pendidikan untuk dapat beradaptasi dengan cepat dimana semua informasi dapat diperoleh dengan real-Time dan cepat dimana saja dan kapan saja, dengan adanya kemajuan IPTEK menuntut guru untuk memiliki kemampuan memahami dunia digital agar dapat menciptakan suasana belajar yang baik dan dapat mendorong kemampuan serta kreativitas peserta didik secara maksimal. Literasi digital merupakan salah satu literasi dasar yang saat ini telah menjadi kebutuhan dalam kegiatan belajar mengajar sebagai sumber mencari referensi, mengidentifikasi, mengakses, mengevaluasi, dan menggabungkan informasi dalam kegiatan belajar mengajar. Kemudahan mengakses berbagai informasi perlu disikapi dengan cermat oleh seorang pendidik dengan cara meningkatkan kompetensi literasi digital untuk menciptakan tatanan masyarakat dengan pola pikir dan pandangan yang kritis serta kreatif. Untuk itu strategi pengembangan literasi digital merupakan salah satu indikator pencapaian dalam bidang pendidikan.

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui bagaimana literasi digital dalam pembelajaran pendidikan agama islam di SMKN 3 Metro (2) untuk menganalisis dan mendeskripsikan pemahaman tentang strategi peningkatan kemampuan literasi digital dalam pembelajaran pendidikan agama islam di SMKN 3 Metro (3) untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat strategi peningkatan literasi digital dalam pembelajaran pendidikan agama islam di SMKN 3 Metro.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif untuk mendeskripsikan strategi peningkatan kompetensi literasi digital dalam pembelajaran pendidikan agama islam, dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan penjamin keabsahan data menggunakan proses reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Literasi digital dalam pembelajaran pendidikan agama islam antara lain untuk meningkatkan keterampilan dalam menggunakan media digital sebagai sarana dalam pembelajaran, untuk mengakses informasi dan pencarian informasi dari internet dan aktifitas di dalamnya, digunakan sebagai sarana komunikasi dalam penyampai materi pembelajaran, dipergunakan untuk mengevaluasi serta menyaring berbagai sumber informasi dalam pembelajaran. (2) Strategi peningkatan literasi digital dalam pembelajaran pendidikan agama islam di SMKN 3 metro meliputi penguatan karakter dan tanggung jawab dalam menggunakan media digital sebagai sarana pembelajaran, pemberian pemahaman akan pentingnya literasi digital dengan menyiapkan ragam sumber bacaan, pembiasaan untuk membaca dan menggunakan media digital dalam proses belajar mengajar, menyiapkan link-link pembelajaran, menggunakan aplikasi-aplikasi dalam pembelajaran. (3) Faktor pendukung dan penghambat strategi peningkatan literasi digital dalam pembelajaran pendidikan agama islam di SMKN 3 Metro antara lain, adanya dukungan yang penuh dari sekolah seperti pemenuhan fasilitas sarana dan prasarana berbasis digital adapun faktor penghambatnya adalah minimnya kuota yang dimiliki peserta didik dan rendahnya jaringan internet selama pembelajaran daring, kurangnya disiplin peserta didik dalam mengerjakan literasi, adanya kesulitan dalam memilih informasi yang tepat dan sesuai materi pembelajaran, tidak meratanya kompetensi dalam menganalisis dan menyimpulkan referensi digital ketika mengakses dari web yang ada.

Kata kunci: Strategi, Literasi Digital, Pembelajaran PAI

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 27 May 2021 01:59
Last Modified: 27 May 2021 01:59
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/4449

Actions (login required)

View Item View Item