Studi Kelayakan Bisnis Home Industry Emping Melinjo di 30A Adirejo Kecamatan Pekalongan Lampung Timur

Sari, Ratna Puspita (2019) Studi Kelayakan Bisnis Home Industry Emping Melinjo di 30A Adirejo Kecamatan Pekalongan Lampung Timur. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
SKRIPSI RATNA PUSPITA SARI NPM. 1502040257 - Perpustakaan IAIN Metro.pdf - Other

Download (2MB) | Preview

Abstract

Sektor perekonomian sendiri sangat penting untuk dilakukan bisnis atau usaha. Dimana sebuah bisnis didirikan untuk kemampuan produksi dan memenuhi jumlah produksi. Maka studi kelayakan bisnis adalah menghasilkan suatu pertimbangan yaitu layak atau tidak layaknya usaha yang akan dijalankan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor produksi emping melinjo dengan cara mencampurkan barang yang kualitasnya berbeda ditinjau dari studi kelayakan bisnis di 30A Adirejo Kecamatan Pekalongan.

Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Sedangkan sifat penelitiannya bersifat deskriptif. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder. Informan utama dalam penelitian ini berjumlah 15 orang yang terdapat sebagai tiga pemilik usaha, delapan karyawan, dan empat konsumen. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data wawancara, dan dokumentasi. Data hasil temuan digambarkan secara deskriptif dan dianalisis menggunakan cara berpikir induktif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa home industry emping melinjo telah dilaksanakan berdasarkan faktor yang menyebabkan kelemahan dari home industry adalah terhambat oleh bahan baku, dan kulitas produksi emping melinjo berbeda dikarenakan mencampurkan barangnya dengan kulitas yang berbeda. Sedangkan dari studi kelayakan bisnis, dari usaha. Berdasarkan dari aspek produksi sulitnya mencari bahan baku emping melinjo sehingga menghambat proses produksi, aspek teknis proses produksi ini menggunakan alat yang sederhana, aspek keuangan biaya yang akan dikeluarkan serta dihasilkan untuk membuat sebuah usaha, aspek lingkungan menyebabkan kebisingan pada saat pembuatan emping melinjo, dan aspek hukum belum melakukan izin usaha di lokasi usaha menyatakan belum memenuhi studi kelyakan bisnis. Sedangkan dari aspek kesempaatan kerja pemilik usaha membuka lapangan pekerjaan kepada masyarakat bagi ibu rumah tangga yang tidak memiliki pekerjan (pengangguran), dan aspek pemasaran usaha emping melinjo potensi pasar yang ada masih sangat mendukung karena terbatasnya agen emping melinjo sehingga telah memenuhi studi kelayakan bisnis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 02 Jan 2020 08:09
Last Modified: 02 Jan 2020 08:09
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/448

Actions (login required)

View Item View Item