Pengaruh Lingkungan Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPS di SMPN 1 Kibang

Ulva, Siti Mariya (2021) Pengaruh Lingkungan Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPS di SMPN 1 Kibang. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI-SITI MARIYA ULVA-T IPS-FIX SELESAI - S M.pdf - Other

Download (7MB)

Abstract

Hasil belajar merupakan hasil yang dicapai oleh seorang siswa setelah mengikuti kegiatan belajar, atau setelah ia menerima pengajaran dari seorang guru. Lingkungan belajar merupakan salah satu faktor yang berperan dalam mempengaruhi hasil belajar siswa. Di SMPN 1 Kibang nilai hasil belajar siswa cukup variative. Untuk itu peneliti mencoba mengkaji secara ilmiah mengenai hal tersebut apakah ada ipengaruh antara ilingkungani ibelajari iterhadapi ihasili ibelajari isiswai idalami imatai ipelajarani iIlmui iPengetahuani iSosiali idii iSMPNi i1i iKibang. Jenis penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto, yang mengakaji studi hubungan. Populasi pada penelitian ini sebanyak 185 siswa. Dengan perhitungan Yamane diperoleh sampel sebanyak 64 siswa. Alat pengumpul data menggunakan angket/kuisioner, sebab penelitian ini meruapakan penelitian deskriptif kuantitatif. Dalam pengolahan data, analisis yang digunakan adalah analisis Regresi linier sederhana dengan bantuan program SPSS versi 20. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara variabel X (Lingkungan Belajar) terhadap variabel Y (Hasil Belajar). Nilai koefesiensi regresi berniali positif, maka dengan demikian dapat dikatakan bahwa, variabel X (lingkungan belajar) berpengaruh positif terhadap variabel Y (hasil belajar). Hal ini menunjukkan bahwa perubahan Y searah dengan X. Sehingga persamaan regresinya adalah Y= 19,553 + 1,090 X. Selain itu Berdasarkan Hasil Uji hopotesis (t) varibel X (lingkungan belajar) terhadap varibel Y (Hasil belajar) diperoleh hasil thitung > ttabel yaitu (3,246 > 0,678). Maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak. Artinya variabel X (lingkungan belajar) bepengaruh secara signifikan terhadap variabel Y (hasil belajar). Serta berdasarkan nilai R squar, besarnya pengaruh variabel X (Lingkungan Belajar) terhadap variabel Y (Hasil Belajar) adalah sebesar 14,5%, sedangkan sisanya 85,5% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Kata Kunci: Lingkungan, Hasil Belajar, Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 04 Oct 2021 06:55
Last Modified: 04 Oct 2021 06:55
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/4512

Actions (login required)

View Item View Item