Analisis Faktor-Faktor Kesulitan Belajar Pelajaran Al-Islam di SMP Muhammadiyah 1 Metro

Aini, Latri Ida (2021) Analisis Faktor-Faktor Kesulitan Belajar Pelajaran Al-Islam di SMP Muhammadiyah 1 Metro. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI LATRI IDA AINI 1701010137 PAI - Latri ida Aini.pdf - Other

Download (8MB)

Abstract

Kesulitan belajar dapat diartikan sebagai suatu kondisi dalam proses belajar yang ditandai dengan adanya hambatan-hambatan tertentu dalam mencapai hasil belajar. Dalam mata pelajaran Al-Islam khususnya pada materi Al-Qur’an Hadits terdapat siswa yang merasa kesulitan dalam menghafal Al-Qur’an dan Hadits. Hal ini menunjukkan bahwa siswa mengalami kesulitan belajar. Apabila hal tersebut tidak diatasi dengan benar maka akibat yang timbul yaitu siswa akan terhambat dalam mencapai hasil belajarnya. Oleh karena itu perlu didakannya penelitian untuk diketahui faktor-faktor penyebab kesulitan siswa dalam menghafal Al-Qur’an dan Hadits.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Faktor-faktor apa yang menyebabkan kesulitan belajar dalam mata pelajaran Al-Islam di SMP Muhammadiyah 1 Metro, 2) Untuk mengetahui upaya yang dilakukan dalam mengatasi kesulitan belajar mata pelajaran Al-Islam di SMP Muhammadiyah 1 Metro.

Penelitian ini merupakan penelitian lapangan, sedangkan jenis dan sifat penelitian ini adalah deskriptif kualitatif lapangan. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpul data yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Penjamin keabsahan data yang digunakan yaitu triangulasi teknik dan triangulasi sumber.

Berdasarkan hasil penelitian, diketahui faktor penyebab kesulitan menghafal siswa yaitu faktor internal dan eksternal. Faktor internal meliputi: 1) Rendahnya minat peserta didik untuk menghafal, 2) Rendahnya kemampuan membaca Al-Qur’an peserta didik, 3) perasaan bosan, 4) ayat dan hadits yang dihafal terlalu panjang. Kemudian faktor eksternal, meliputi: 1) Faktor Keluarga. Kurangnya keterlibatan orang tua dalam proses belajar anaknya, 2) Faktor Tugas Sekolah 3) Faktor Media Massa.

Adapun upaya yang dilakukan dalam mengatasi kesulitan menghafal yang dilakukan peserta didik yaitu berusaha mengulang-ulang setiap ayat dan hadits yang sedang dihafalnya, selain itu peserta didik juga bergabung bersama teman temannya untuk menghafal agar lebih fokus. Upaya yang dilakukan oleh pihak sekolah yaitu dengan memberikan mata pelajaran BTQ (Baca Tulis Al-Qur’an). Upaya dari guru mata pelajaran Al-Islam yaitu mengajak peserta didik untuk membaca terlebih dahulu ayat dan hadits yang akan dihafal secara bersama-sama, memilih satu siswa sebagai model untuk membacakan ayat dan hadits yang akan dihafal, belajar outdoor untuk mengurangi kebosanan peserta didik, serta pemberian motivasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 04 Oct 2021 07:53
Last Modified: 04 Oct 2021 07:53
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/4545

Actions (login required)

View Item View Item