Pemanfaatan Harta Titipan (Al Wadi’ah) ditinjau dari Hukum Ekonomi Syariah (Studi Kasus di Desa Bumi Ratu Kecamatan Bumi Ratu Nuban Lampung Tengah)

Utari, Endah Hari (2018) Pemanfaatan Harta Titipan (Al Wadi’ah) ditinjau dari Hukum Ekonomi Syariah (Studi Kasus di Desa Bumi Ratu Kecamatan Bumi Ratu Nuban Lampung Tengah). Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
SKRIPSI ENDAH HARI UTARI(1).pdf - Other

Download (4MB) | Preview

Abstract

Wadi’ah adalah suatu titipan murni yang diserahkan oleh pemilik barang kepada orang yang dipercayai untuk menjaga, merawat sebagaimana mestinya agar barang titipan tersebut terhindar dari kehilanagan, kemusnahan, dan kerusakan, serta mengembalikan titipan tersebut apabila pemiliknya meminta kembali barang yang dititipkan. Wadi’ah ialah barang yang disimpan itu hendaklah dijaga seperti berikut: 1) Diasingkan dari barang-barang milik orang lain, yaitu tidak dicampur antara barang yang disimpan supaya dapat diketahui mana yang diantaranya milik orang-orang tertentu. 2) Tidak digunakan 3) Tidak dikenakan upah bagi penjaganya.

Penelitian bertujuan untuk mengatahui pelaksanaan pemanfaatan harat titipan (al Wadi’ah) oleh penerima titipan serta untuk mengatahui penyebab terjadinya pemanfaatan harta titipan di Desa Bumi Ratu Kecamatan Bumi Ratu Nuban Kabupaten Lampung Tengah menurut Hukum Ekonomi Syariah. Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah penelitian lapangan dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara dan dokumentasi serta teknis analisis data menggunakan analisis data kualitatif dengan menggunakan metode berfikir induktif.

Berdasarkan hasil penelitian, bahwa di Desa Bumi Ratu Kecamatan Bumi Ratu Nuban Kabupaten Lampung Tengah telah terjadi pemanfaatan harta titipan oleh penerima titipan (mustauda’), karena pihak penitip (muwaddi) tidak memberikan upah selama penitipan dan pihak penerima titipan merasa mempunyai hak atas harta titipan dan hasil yang didapat dari pemanfaatan harta titipan tersebut. Tindakan yang terjadi masih terlihat belum sesuai dengan konsep penitipan barang ( al Wadi’ah) menurut Hukum Ekonomi Syariah, yaitu adanya larangan pemanfaatan terhadap obyek barang titipan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Hukum Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 06 Jan 2020 02:54
Last Modified: 06 Jan 2020 02:54
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/464

Actions (login required)

View Item View Item