Karakter Guru Muslim di Sekolah Dasar Cahaya Bangsa Metro

Ardiwansyah, Bayu (2018) Karakter Guru Muslim di Sekolah Dasar Cahaya Bangsa Metro. Masters thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
BAYU ARDIWANSYAH.pdf - Other

Download (4MB) | Preview

Abstract

Tesis ini membahas mengenai karakter guru muslim dalam hegemoni atau dominasi non muslim di Sekolah Dasar Cahaya Bangsa yang plural dan majemuk akan agama, suku bangsa, adat istiadat, budaya serta golongan ekonomi di masyarakat.
Tujuan penelitian ini adalah untuk; (1) mendeskripsikan karakter guru muslim dalam upaya merealisasikan tujuan sekolah dan menjaga harmonisasi sekolah, (2) untuk mendeskripsikan dampak yang ditimbulkan dari karakter guru muslim terhadap kualitas pendidikan di Sekolah Dasar Cahaya Bangsa Kota Metro (3) mendeskripsikan faktor-faktor pembentuk karakter guru muslim.

Sumber data penelitian ini adalah yayasan, kepala sekolah, guru muslim dan guru non muslim. Data dikumpulkan melalui metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan tiga cara, yaitu penyajian data, reduksi data dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian menujukkan bahwa terdapat minimal 7 karaker yang diimplementasikan oleh guru Sekolah Dasar Cahaya Bangsa Metro yang kemudian menjadi model pembelajaran bagi siswa untuk ditiru seperti karakter mulia seperti toleran, amanah, ikhlas, sabar, adil, pemberani serta menguasai ilmu manajerial. Dampak yang ditimbulkan dari karakter guru muslim di Sekolah Dasar Cahaya Bangsa Metro adalah hubungan horizontal yang harmonis antar warga sekolah serta diperolehnya prestasi akademik/kognitif yang membanggakan. Karakter guru muslim berkembang baik di Sekolah Dasar Cahaya Bangsa Metro karena faktor internal dan eksternal pembentuk karakter saling berkontribusi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pascasarjana
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 06 Jan 2020 03:00
Last Modified: 06 Jan 2020 03:00
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/465

Actions (login required)

View Item View Item