Faktor-faktor minat konsumen terhadap baju bekas di toko baju Bataman Ganjar Agung kota Metro

Diah Wardhani, Fitri (2019) Faktor-faktor minat konsumen terhadap baju bekas di toko baju Bataman Ganjar Agung kota Metro. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
Skripsi 001.FEBI.2019.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Minat konsumen sangat berpengaruh terhadap keberlangsungan hidup suatu usaha. Sama halnya dengan minat konsumen di Toko Baju Bataman Ganjar Agung Kota Metro. Minat merupakan kecenderungan hati yang tinggi terhadap sesuatu. Atau dengan kata lain minat adalah minat adalah pemusatan perhatian subjek, terdapat usaha, yaitu usaha untuk mendekati/mengetahui/memiliki/ menguasai/ berhubungan dari subjek yang dilakukan dengan perasaan senang, ada daya penarik dari objek. Minat yang besar terhadap suatu hal merupakan modal yang besar untuk membangkitkan semangat dalam melakukan tindakan yang diminati. Sedangkan minat konsumen adalah minat konsumen adalah pemusatan perhatian terhadap sesuatu yang disertai dengan perasaan senang terhadap barang tersebut, kemudian minat individu tersebut menimbulkan keinginan sehingga timbul perasaan yang meyakinkan bahwa barang tersebut mempunyai manfaat sehingga individu ingin memiliki barang tersebut dengan cara membayar atau menukar dengan uang.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mepengaruhi minat konsumen tehadap baju bekas di Toko Baju Bataman Ganjar Agung Kota Metro. Jenis penelitian ini yaitu penelitian lapangan atau field research dan bersifat deskriptif. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi. Wawancara adalah metode mengumpulkan datadngan cara mengajukan pertanyaan tentang faktor-faktor yang mempenaruhi minat kosumen membeli baju bekas di Toko Baju Bataman Ganjar Agung Kota Metro. Kemudian data-data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan cara berfikir induktif.

Hasil dari penelitian inidapatdisimpulkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi minat konsumen terhadap baju bekas di Toko Baju Bataman Ganjar Agung Kota Metro adalah faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal meliputi pekerjaan, gaya hidup, sikap dan keyakinan, motivasi. Sedangkan faktor eksternal yang mempengaruhi minat konsumen membeli baju bekas di Toko Baju Bataman Ganjar Agung Kota Metro yaitu faktor budaya, faktor sosial, harga, dan kualitas. Faktor internal yang dominan mempengaruhi minat konsumen membeli baju bekas di Toko Baju Bataman Ganjar Agung Kota Metro yaitu motivasi atau dorongan dari dalam diri seseorang. Sedangkan faktor eksternal yang dominan yaitu kualitas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 20 Sep 2019 02:34
Last Modified: 20 Sep 2019 02:34
URI: http://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/47

Actions (login required)

View Item View Item