Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Metode Indexcardmatch Siswa Kelas IV SDN 1 Sumbergede Tahun Pelajaran 2018/2019

Apriza, Devi (2019) Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Metode Indexcardmatch Siswa Kelas IV SDN 1 Sumbergede Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
SKRIPSI DEVI APRIZA NPM. 1501050013.pdf - Other

Download (8MB) | Preview

Abstract

Rendahnya hasil belajar dapat disebabkan oleh beberapa masalah yang sering muncul dari kegiatan pembelajaran di kelas. Rendahnya hasil belajar siswa kelas IV SDN 1 Sumbergede pada pelajaran IPS ditandai dengan tidak tuntasnya nilai ulangan harian dibawah KKM yaitu 55,6% atau 10 dari 18 siswa yang belum tuntas. Hal ini disebabkan oleh kurang dikemasnya proses pembelajaran IPS dengan menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi, sehingga mengakibatkan siswa merasa jenuh dan bosan dengan suasana pembelajaran yang seperti itu saja. Hal tersebut juga mengakibatkan kurang semangatnya atau partisipasi siswa dalam kegiatan pembelajaran dan kebanyakan siswa cenderung pasif dan hanya sebagian kecil siswa yang aktif dalam kegiatan pembelajaran.

Rumusan masalah pada skripsi ini adalah sebagai berikut “Apakah penggunaan metode pembelajaran index card match dalam pembelajaran IPS dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV di SDN 1 Sumbergede?”.

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk peningkatan hasil belajar IPS melalui metode index card match siswa kelas IV SDN 1 Sumbergede tahun pelajaran 2018/2019. Peneliti bertindak sebagai guru dan mitra kolaborasi sebagai observer yaituguru kelas IV.Pembelajaran dilakukan dengan 2 siklus selama 6 kali pertemuan setiap siklus memiliki tahapan yaitu: perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan (observasi) dan refleksi.Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 1 Sumbergede berjumlah 18 siswa yang terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan.Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan kuantitatif dan kualitatif.

Berdasarkan hasil analisis dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut: Pembelajaran dengan penggunaan metode pembelajaran index card match dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran IPS di SDN 1 Sumbergede Tahun Pelajaran 2018/2019 hal ini dapat dilihat dari hasil belajar siswa yang mencapai KKM 61 pada siklus I sebesar 61% meningkat menjadi 83% pada sisklus II hal ini mengalami peningkatan sebesar 22% dengan demikian hasil tersebut telah memenuhi target yang ditetapkan oleh peneliti sebesar 70%. Metode pembelajaran Index Card Match dapat digunakan sebagai metodealternatif dalam proses pembelajaran IPS di SDN 1 Sumbergede.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 07 Jan 2020 01:23
Last Modified: 07 Jan 2020 01:23
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/482

Actions (login required)

View Item View Item