Analisis pelaksanaan pembiayaan murabahah pada produk kepemilikan rumah (KPR) di Bank Rakyat Indonesia syariah kantor cabang pembantu Sribhawono

Riyanto, Eko (2019) Analisis pelaksanaan pembiayaan murabahah pada produk kepemilikan rumah (KPR) di Bank Rakyat Indonesia syariah kantor cabang pembantu Sribhawono. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
Skripsi 141.FEBI.2019.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembiayaan murabahah pada poduk Kepemilikan Rumah (KPR) di BRISyariah KCP Sribhawono.

Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research), sedangkan sifat penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian menggunakan teknik pengumpulan data wawancara dan dokumentasi. Wawancara dilakukan kepada Pimpinan Cabang Pembantu (PINCAPEM) BRISyariah KCP Sribhawono dan Account Officer (AO) BRISyariah KCP Sribhawono. Sumber data penelitian ada dua yaitu sumber data primer dan data sekunder. Data-data tersebut dianalisis secara induktif.

Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa pelaksanaan pembiayaan murabahah pada produk Kepemilikan Rumah (KPR) BRISyariah KCP Sribhawono terdapat tiga aspek penting yaitu akad, uang muka dan iuran perbulan. Penerapan sistem murabahah pada pembiayaan kepemilikan rumah yang bertujuan untuk pembiayaan pembelian properti (rumah baru, rumah bekas, ruko) dan renovasi rumah sudah berdasarkan pada ketentuan prinsip-prinsip syariah. Sedangkan penerapan sistem murabahah pada pembiayaan kepemilikan rumah yang bertujuan untuk pembangunan rumah kurang sesuai dengan rukun akad dikarenakan belum adanya kejelasan mengenai jumlah harga jual rumah yang disebabkan oleh perhitungan oleh pihak bank hanya berdasarkan RAB yang diajukan pihak nasabah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Perbankan Syariah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 20 Sep 2019 02:27
Last Modified: 20 Sep 2019 02:27
URI: http://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/49

Actions (login required)

View Item View Item