Konsep Dakwah Pengurus Pondok Pesantren Riyadlatul ‘Ulum Bumi Harjo Batanghari Lampung Timur

Lestari, Yuliana (2019) Konsep Dakwah Pengurus Pondok Pesantren Riyadlatul ‘Ulum Bumi Harjo Batanghari Lampung Timur. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
SKRIPSI YULIANA LESTARI1603060015 - Perpustakaan IAIN Metro.pdf - Other

Download (6MB) | Preview

Abstract

Islam adalah agama risalah, yang oleh pembawanya Muhammad SAW. harus disampaikan kepada umat manusia pada masa akhir hayatnya, setelah itu risalah wajib diteruskan dan didakwahkan oleh para sahabatnya, kemudian oleh pengikut-pengikutnya sampai masa sekarang. Dakwah akan berhasil jika menggunakan konsep yang tepat dalam menyampaikan dakwah, berdakwah dapat dilakukan secara individual maupun kelompok dengan menggunakan berbagai metode dakwah. Pondok Pesantren Riyadlatul ‘Ulum sebagai salah satu lembaga Dakwah Islam diharapkan dapat berkontribusi dalam memajukan minat bakat santri melalui dakwah. Sehingga Pondok Pesantren Riyadlatul ‘Ulum harus memiliki konsep dakwah yang baik agar dapat mencetak kader-kader yang berkualitas. Namun berdasarkan hasil observasi, peneliti menemukan bahwa konsep dakwah pada Pondok Pesantren Riyadlatul ‘Ulum belum terlaksana secara efektif.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana realisasi dakwah oleh Pengurus dalam mengembangkan minat bakat santri serta relevansi dakwah oleh pengurus dalam Masyarakat oleh pengurus dan santri dalam mengembangkan minat dan bakat santri pondok pesantren Riyadlatul ‘Ulum.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah pengurus Pondok, dan santri Pondok Pesantren Riyadlatul ‘Ulum. Tempat penelitian dilakukan di Pondok Pesantren Riyadlatul ‘Ulum yang berada di kawasan Kecamatan Batanghari Kabupaten Lampung Timur. Adapun metode pengumpulan datanya menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya data disajikan dalam bentuk yang sesuai sehingga mudah dibaca dan dipahami. Kemudian data dianalisis dan diambil kesimpulan.

Hasil penelitian ini menyatakan bahwa: Realisasi dakwah oleh pengurus untuk mengembangkan minat bakat santri yaitu memberian kesempatan bagi santri untuk mengikuti kegiatan kesenian Hadroh untuk mengembangkan minat bakatnya, mengikut sertakan santri dalam kegiatan di masyarakat sekitar pondok. Mengikut sertakan santri dalam Kegiatan Perlombaan/Pentas Seni, Relevansi dakwah oleh pengurus dalam bermasyarakat yaitu, melalui kegiatan kesenian hadroh seperti berjanji, aqiqahan, khitanan,dan lain sebagainya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Komunikasi dan Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Adab dan Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 07 Jan 2020 05:53
Last Modified: 07 Jan 2020 05:53
URI: http://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/498

Actions (login required)

View Item View Item