Persepsi nasabah tentang kualitas pelayanan bank : bank syariah vs bank konvensional (studi kasus dosen dan karyawan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Metro Provinsi Lampung)

Nailul Muna, Nabila (2019) Persepsi nasabah tentang kualitas pelayanan bank : bank syariah vs bank konvensional (studi kasus dosen dan karyawan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Metro Provinsi Lampung). Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
Skripsi 142.FEBI.2019.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Dosen dan Karyawan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam di IAIN Metro merupakan bagian masyarakat akademik yang mengkaji ilmu pengetahuan dalam bidang ekonomi termasuk dalam bidang perbankan selain itu memiliki rekening Bank Konvensional dan rekening Bank Syariah yang digunakan untuk transaksi yang berkaitan dengan keuangan. Persepsi dosen dan karyawan fakultas ekonomi dan bisnis Islam IAIN Metro tentang pelayanan di bank konvensional dan bank syariah menarik untuk diteliti sebagai gambaran tentang pengetahuan dalam menyikapi pelayanan di bank syariah maupun bank konvensional. Tinggi rendahnya penilaian kualitas pelayanan dari suatu badan usaha dipengaruhi oleh persepsi konsumen pada kualitas layanan tersebut, dimana persepsi nasabah pada kualitas layanan yang diberikan baik, nasabah akan berpersepsi positif, demikian juga sebaliknya apabila kualitas pelayanan yang diberikan buruk, nasabah akan berpersepsi negatif. Persepsi konsumen terhadap sesuatu yang diterimanya dipengaruhi oleh faktor faktor tertentu.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana persepsi dosen dan karyawan tentang kuaitas pelayanan di bank syariah dan bank konvensional. Selain itu untuk mengetahui apa saja faktor faktor yang mempengaruhi persepsi dosen dan karyawan tentang kualitas pelayanan di bank syariah dan bank konvensional. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan (field research), sifat penelitian yaitu penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data wawancara dan dokumentasi. Wawancara dilakukan dengan metode insidental sampling. Semua data data tersebut dianalisis secara induktif.

Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan mengenai persepsi dosen dan karyawan fakultas ekonomi dan bisnis islam tentang kualitas pelayanan di bank syariah dan bank konvensional disimpulkan terdapat persepsi positif tentang kualitas pelayanan di bank syariah pada indikator Bukti fisik, Kehandalan, Ketanggapan, dan Empati. Persepsi negatif pada indikator bukti fisik, kehandalan, ketanggapan, jaminan. Selain itu juga terdapat persepsi negatif pada indikator bukti fisik, kehandalan, ketanggapan, jaminan. Persepsi kualitas pelayanan di bank konvensional terdapat persepsi positif pada semua indikator 5 dimensi kualitas pelayanan dan ada persepsi negatif pada indikator bukti fisik, kehandalan, ketanggapan, dan empati.Faktor faktor yang mempengaruhi persepsi tersebut yaitu faktor stimulus ; faktor stimulus pemasaran, dan faktor individu; sikap,minat, harapan,dan pengalaman masa lalu.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Perbankan Syariah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 20 Sep 2019 02:13
Last Modified: 20 Sep 2019 02:13
URI: http://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/50

Actions (login required)

View Item View Item