Manajemen Risiko Pembiayaan Mikro (Studi Kasus di BRI Syariah KCP Metro)

Latifah, Umi (2018) Manajemen Risiko Pembiayaan Mikro (Studi Kasus di BRI Syariah KCP Metro). Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
UMI LATIFAH.pdf - Other

Download (6MB) | Preview

Abstract

Peningkatan laju pertumbuhan pembiayaan mikro sejalan dengan program pemerintah yang semakin memberikan kemudahan pada sektor usaha mikro untuk semakin berkembang. Salah satu perbankan syariah yang mempunyai misi mengembangkan sektor usaha mikro dengan kemudahan akses permodalan yang diberikan yaitu Bank BRI Syariah dengan produk pembiayaan mikro. Dalam menjalankan produknya, BRI Syariah tidak terlepas dari risiko. Oleh karena itu, manajemen risiko diperlukan BRI Syariah KCP Metro dan diharapkan dapat meminimalisir risiko yang terjadi pada produk pembiayaan mikro dengan prosedur dan sistematika yang jelas dan baik.

Metode penelitian yang digunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif yaitu penelitian dengan memadukan penelitian kepustakaan dan penelitian lapangan yang mencari fakta dengan interpretasi yang tepat dengan tujuan untuk mendapatkan gambaran atau lukisan secara sistematis, faktual dan akurat mengenai fakta-fakta, sifat-sifat serta hubungan antara fenomena yang diteliti.

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui jenis risiko yang dihadapi pembiayaan mikro BRI Syariah KCP Metro dan menjelaskan penerapan manajemen risiko pembiayaan mikro pada BRI Syariah KCP Metro.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa risiko kredit (pembiayaan) adalah jenis risiko yang dihadapi oleh BRI Syariah. Risiko ini terjadi disebabkan akibat kegagalan dari pihak nasabah dalam memenuhi kewajibannya. Pembiayaan mikro BRI Syariah KCP Metro menerapkan 2 tahapan manajemen risiko yaitu manajemen risiko pra-risiko dan manajemen risiko pada saat terjadinya risiko yang berpedoman sesuai dengan peraturan Bank Indonesia No. 13/23/PBI/2011 mengenai Penerapan Manajemen Risiko pada Bank Umum Syariah dan Unit Usaha Syariah, yang dimulai dengan mengidentifikasi risiko, pengukuran risiko, pemantauan risiko dan pengendalian risiko.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Perbankan Syariah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 07 Jan 2020 07:36
Last Modified: 07 Jan 2020 07:36
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/502

Actions (login required)

View Item View Item