Pengaruh Metode Ceramah Terhadap Motivasi Belajar Kitab Bulughul Marom di Pondok Pesantren Darul A’mal Metro

Ahsan, M. Khafi (2021) Pengaruh Metode Ceramah Terhadap Motivasi Belajar Kitab Bulughul Marom di Pondok Pesantren Darul A’mal Metro. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
M. Khafi Ahsan 1601010049.pdf - Other

Download (2MB)

Abstract

Dalam pembelajaran, motivasi belajar sangatlah penting untuk mencapai suatu tujuan pembelajaran. Sementara metode ceramah yang umum digunakan oleh mayoritas sistem pendidikan formal maupun diniyah, begitu juga di pondok pesantren Darul A‘mal dalam mengkaji kitab bulughul marom. Metode ceramah disampaikan secara lisan oleh ustadz kepada para santri di depan majlis. Para ustadz harus menjelaskan secara baik dan para santri harus mendengarkannya. Hasil Prasurvey yang dilakukan di Pondok Pesantren Darul A‘mal diperoleh informasi bahwa Pembelajaran kitab Bulughul Marom yang diajarkan dengan metode ceramah ceramah kurang maksimal dan perlu ditingkatkan guna mencapai tujuan dan proses pembelajaran yang diinginkan, Ustadz lebih sering duduk didepan kelas sedangkan para santri mendengarkan dan mencatat saja. Hal ini menimbulkan kejenuhan dalam proses pembelajaran jika terlalu lama.

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh metode ceramah terhadap motivasi belajar kitab bulghul marom di pondok pesantren Darul A‘mal Metro. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan sifat penelitian kausal untuk mengetahui sebab akibat. Teknik pengumpulan data penelitian menggunakan angket dan dokumentasi. Dalam penyabaran angket peneliti menggunakan 10 soal untuk variabel metode ceramah dan 10 soal untuk variabel motivasi belajar.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode ceramah mempengaruh movasi belajar kitab bulughul marom di pondok pesantren Darul A‘mal. Hal ini dibuktikan dengan melalui uji hipotesis yang telah dilakukan dengan menggunakan chi kuadrat, dari hasil perhitungan menggunakkan aplikasi SPSS diperoleh nilai hitung lebih besar dari t tabel yaitu 198,183 > 55,758 dengan signifikasi 5%. Kemudian dalam penelitian ini hipotesis alternatif (Ha) diterima dan (Ho) ditolak, dengan tingkat hubungan sangat kuat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 24 Nov 2021 03:26
Last Modified: 24 Nov 2021 03:26
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/5035

Actions (login required)

View Item View Item