Ganti Rugi Barang Yang Rusak Ditinjau Dari Hukum Islam (Studi Kasus di Kantor PT. Pos Indonesia Cabang Raman Utara)

Arsyati, Awisy (2018) Ganti Rugi Barang Yang Rusak Ditinjau Dari Hukum Islam (Studi Kasus di Kantor PT. Pos Indonesia Cabang Raman Utara). Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
SKRIPSI AWISY ARSYATI.pdf - Other

Download (6MB) | Preview

Abstract

PT. Pos Indonesia merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak dibidang jasa antar barang dan transaksi keuangan, baik di dalam kota maupun di luar kota. PT Pos Indonesia telah memiliki cabang di setiap penjuru di Indonesia. PT. Pos Indonesia berusaha untuk membuat konsumen merasa puas dan tidak merasa dirugikan. Tetapi kadangkala tetap ada pelayanan PT. Pos Indonesia yang tidak berjalan dengan lancar, dapat terjadi kelalaian tidak sesuai dengan yang dijanjikan atau bisa disebut dengan wanprestasi. Hal ini menimbulkan kerugian-kerugian tertentu bagi pengguna jasa PT. Pos Indonesia, seperti paket yang dikirimkan mengalami keterlambatan sampai ke tempat tujuan, mengalami kerusakan musnah karena kelalaian dari pengirim paket. Dalam hal ini akan mendapatkan ganti rugi dari PT Pos Indonesia. Akan tetapi untuk kelalaian yang diakibatkan oleh bencana alam, perang dan lain-lain pihak perusahaan tidak memberikan ganti rugi.

Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian lapangan dengan sifat penelitian deskriptif. Metode pengumpulan data menggunakan metode wawancara dan metode dokumentasi. Manfaat penelitian ini adalah dapat dijadikan sebagai referensi untuk mengadakan perbaikan-perbaikan terhadap ganti rugi pengiriman barang rusak pada PT. Pos Indonesia Cabang Raman Utara yang diterapkan di masyarakat yang tidak sesuai dengan yang menyimpang dari hukum yang telah ada.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dalam pelaksanaan tanggungjawab yang dilakukan oleh pihak penyelenggara jasa PT Pos Indonesia tentang ganti rugi atas kerusakan yang menimbulkan kerugian pengguna jasa dengan mengembalikan uang ataupun barang yang setara nilainya dengan barang yang rusak. Ganti rugi akan dilaksanakan sesuai dengan tenggang waktu yang telah disediakan. PT. Pos Indonesia dalam pemberian ganti rugi barang yang rusak telah sesuai dengan ketentuan hukum Islam. Hal ini dapat dilihat dari terpenuhinya rukun-rukun ganti rugi (dhoman) yang dilaksanakan oleh PT. Pos Indonesia Cabang Raman Utara.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Hukum Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 07 Jan 2020 08:14
Last Modified: 07 Jan 2020 08:14
URI: http://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/506

Actions (login required)

View Item View Item