Pengaruh penggunaan metode role playing dalam meningkatkan hasil belajar mata pelajaran akidah akhlak siswa kelas XI MAN 1 Mesuji Lampung tahun pelajaran 2018/2019.

Nur Rohman, Abi (2019) Pengaruh penggunaan metode role playing dalam meningkatkan hasil belajar mata pelajaran akidah akhlak siswa kelas XI MAN 1 Mesuji Lampung tahun pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
Skripsi 054.FTIK.2019.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Pendidikan merupakan suatu aspek kehidupan yang sangat mendasar bagi pembangunan bangsa suatu negara. Dalam pembelajaran terdapat tiga komponen yang saling berpengaruh. Ketiga komponen tersebut adalah kondisi pembelajaran, metode pembelajaran dan hasil pembelajaran. Hasil belajar adalah sesuatu yang diperoleh siswa setelah mengikuti kegiatan pembelajaran. Hal ini berarti bahwa pelaksanaan pembelajaran menjadi indikator penting yang menentukan tinggi rendahnya hasil belajar. Tanpa metode suatu materi pelajaran tidak dapat terproses secara efektif dan efisien menuju tujuan pendidikan yang diharapkan. Oleh karena Peneliti akan melaksanakan metode role playing dengan harapan dapat menciptakan pembelajaran yang menyenangkan dan membangkitkan minat, kreatifitas serta motivasi siswa dalam mempelajari Akidah Akhlak sehingga dapat meningkatkan hasil belajar .

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah ada pengaruh penggunaan Metode Role Playing dalam meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran Akidah Akhlak kelas XI MAN 1 Mesuji tahun pelajaran 2018/2019”.

Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan bentuk desain eksperimen semu (quasi eksperiment). Populasinya sebanyak 57 siswa. Metode atau teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah dengan menggunakan tes.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa hipotesis alternatife (Ha) yang penulis ajukan di terima. Bahwa Ada Pengaruh Penggunaan Metode Role Playing dalam Meningkatkan Hasil Belajar Akidah Akhlak Siswa Kelas XI MAN 1 Mesuji Tahun Ajaran 2018/2019. Karena setelah diuji coba dengan membandingkan dua kelas dimana kelas XI MIA sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IIS sebagai kelas kontrol. Rata- rata nilai pre-test adalah 70 dengan varians 12,85 dan rata–rata untuk nilai post-test adalah 89,59 dengan varians 5,43.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 20 Sep 2019 02:06
Last Modified: 20 Sep 2019 02:06
URI: http://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/51

Actions (login required)

View Item View Item