Pemahaman Konsumen Terhadap Hak Khiyar (Studi Kasus Pada Showroom Motor di Kota Metro)

Misgiyanti, . (2018) Pemahaman Konsumen Terhadap Hak Khiyar (Studi Kasus Pada Showroom Motor di Kota Metro). Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
SKRIPSI MISGIYANTI 13112499.pdf - Other

Download (2MB) | Preview

Abstract

Konsumen adalah setiap orang yang menggunakan barang dan/atau jasa yang tersedia dalam masyarakat, baik bagi kepentingan diri sendiri, keluarga, orang lain, maupun makhluk hidup lain dan tidak untuk diperdagangkan. Selanjutnya, konsumen seringkali berada di posisi yang paling lemah, faktor utama yang menjadi kelemahan konsumen adalah tingkat kesadaran akan haknya masih rendah dan pelaku usaha mampu mengendalikan dan memanfaatkan kelemahan konsumen untuk dijadikan sebagai objek aktivitas bisnis untuk memperoleh keuntungan yang sebesar-besarnya oleh pelaku usaha melalui kiat promosi dan pemasaran produk.

Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang mana dalam penelitian ini memusatkan perhatian pada suatu kasus secara intensif dan terperinci mengenai latar belakang keadaan yang dipermasalahkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pemahaman Konsumen terhadap Hak Khiyar (Studi Kasus pada Showroom Motor di Kota Metro). Dalam proses pengumpulan data, peneliti menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Semua data yang terkumpul tersebut kemudian dianalisis secara deskriptif kualitatif dengan pendekatan induktif.

Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa pemahaman pembeli motor tentang khiyar di showroom-showroom motor Metro masih kurang. Ada yang hanya sebatas mengetahui tentang khiyar namun tidak paham bagaimana penerapannya dalam transaksi jual beli. Para pembeli banyak yang tidak paham apa arti khiyar yang sebenarnya dan bagaimana penerapannya dalam transaksi jual beli. Bagi mereka, hal terpenting dalam transaksi jual beli tersebut adalah kebutuhan mereka akan kendaraan terpenuhi. Selain pembeli, para pemilik showroom-showroom motor Metro pun kurang memahami tentang akad khiyar tersebut, yang sebenarnya mereka telah menerapkan akad khiyar dalam praktek jual beli yang mereka laksanakan. Hal ini terbukti, sebelum terjadi proses jual beli, calon pembeli disuruh untuk berpikir dahulu. Apabila pembeli merasa cocok dengan motor tersebut setelah mengecek dan mengujinya, maka transaksi jual beli beli baru dilaksanakan dan apabila tidak cocok pembeli diperbolehkan membatalkan transaksi jual beli tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Hukum Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 08 Jan 2020 00:37
Last Modified: 08 Jan 2020 00:37
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/510

Actions (login required)

View Item View Item