Penggunaan Metode Tanya Jawab dalam Pengembangan Kemampuan Bahasa Anak Usia Dini di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Sidodadi Kabupaten Lampung Tengah

Asih, Hayati Suraini (2021) Penggunaan Metode Tanya Jawab dalam Pengembangan Kemampuan Bahasa Anak Usia Dini di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Sidodadi Kabupaten Lampung Tengah. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] Text
SKRIPSI_HAYATI SURAINI ASIH_ NPM. 1701030065-2 - Hayatisuraini Asih09.pdf - Other

Download (2MB)

Abstract

Bahasa adalah alat komunikasi atau interaksi yang sangat penting yang digunakan oleh manusia yang berguna untuk menyampaikan informasi maupun berkomunikasi dengan dengan orang lain. Perkembangan atau komunikasi pada anak merupakan salah satu aspek dari tahapan perkembangan anak yang selayaknya tidak luput dari dari perhatian para pendidik pada umum nya dan kepada orangtua khususya. Pertanyaan peneliti dalam penelitian ini yaitu :1) Bagaimana penggunaan metode tanya jawab dalam pengembangan kemampuan bahasa anak usia dini di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Sidodadi Lampung Tengah Dapat berkembang?. 2) Apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat dalam penggunaan metode tanya jawab dalam pengembangan kemampuan bahasa anak usia dini di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Sidodadi, Lampung Tengah. Adapun tujuan dari peneliti ini yaitu:untuk mengetahui sejauh mana keberhasilan dari penggunaan metode tanya jawab di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Sidodadi, Lampung Tengah dan untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat dari penggunaan metode tanya jawab di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Sidodadi, Lampung Tengah. Adapun jenis penelitian ini yaitu kualitatif dengan analisis deskriptif, yang mengambil lokasi di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Sidodadi, Lampung Tengah. Sumber data yang digunakan yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian yaitu dengan menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknis analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan verifikasi atau penyimpulan data. Dan untuk menguji keabsahan menggunakan triangulasi sumber. Hasil yang diperoleh oleh peneliti di lapangan, dapat disimpulkan bahwasanya penggunaan metode tanya jawab dalam mengembangkan kemampuan bahasa anak usia dini di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Sidodadi, Lampung Tengah telah berjalan dengan baik. Penerapan metode tanya jawab dengan menggunakan media bercerita, boneka tangan dan kartu bergambar dalam mengembangkan kemampuan bahasa mampu memudahkan guru dalam menyampaikan pembelajaran. Adapun faktor pendukung dan penghambat dalam mengembangkan kemampuan bahasa melalui metode tanya jawab. Faktor pendukung yaitu: Cara guru dalam menyampaikan pembelajaran yang mudah dipahami oleh anak. Selain itu, faktor penghambatnya yaitu: kelas yang kurang kondusif sehingga anak kurang konsentrasi

Kata kunci: Metode Tanya Jawab, Kemampuan Perkembangan Bahasa

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 29 Dec 2021 07:40
Last Modified: 29 Dec 2021 07:40
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/5144

Actions (login required)

View Item View Item