Kepuasan Nasabah Terhadap Produk dan Pelayanan Bank Syariah di Kota Metro(Studi Pada Masyarakat Kecamatan Metro Timur)

Fitriani, Ida (2018) Kepuasan Nasabah Terhadap Produk dan Pelayanan Bank Syariah di Kota Metro(Studi Pada Masyarakat Kecamatan Metro Timur). Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
IDA FITRIANI.pdf - Other

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kepuasan nasabah merupakan perbandingan antara harapan sebelum melakukan proses pembelian atau menerima pelayanan, dengan keadaan setelah melakukannya. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi kepuasan nasabah, diantaranya faktor produk dan pelayanan. Adanya nasabah yang merasa kecewa terhadap pelyanan karyawan bank syariah di kota Metro, juga terhadap produk yang ditawarkan tidak sesuai dengan kesyariahan, maka menarik untuk dikaji terkait sudahkan bank syariah di kota Metro menawarkan produk dan memberikan pelayanan yang terbaik, sehingga terciptanya kepuasan nasabah. Serta bagaimana kepuasan nasabah terhadap produk dan pelayanan bank syariah di kota Metro dengan sasaran masyarakat kecamatan Metro Timur.

Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (fiel research) yaitu penelitian yang bertumpu pada data-data dilapangan. Adapun sifat penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan metode wawancara dan dokumentasi. Wawancara dilakukan dengan nasabah yang berdomisili di kecamatan Metro Timur dengan status pekerjaan sebagai pedagang. Sedangkan, dokumentasi dilakukan dengan mendokumentasikan dokumen dan literatur yang berkaitan dengan materi penelitian.

Berdasarkan hasil penelitian yang didukung data dan informasi yang telah dikemukakan sebelumnya, dinyatakan bahwa adanya kepuasan dan ketidak puasan terhadap produk dan pelayanan bank syariah di kota Metro. Kepuasan masyarakat Metro Timur terhadap produk bank syariah hanya sebatas kemurahan saja, sedangkan ketidak puasan nasabah terhadap produk bank syariah di Kota Metro adalah tidak adanya kelebihan produk yang lain, seperti kemudahan, dan produk yang dapat menyesuaikan dengan teknologi yang berkembang. Sedangkan kepuasan nasabah terhadap pelayanan yang diberikan oleh karyawan bank syariah di Kota Metro yaitu pada dimensi berwujud seperti senyum, sapa, salam dan berpenampilan. Sedangkan ketidak puasan masyarakat Metro Timur pada dimensi pelayanan cepat dan efisien karyawan dalam melayani nasabah. Karena dalam melayani nasabah kurang cepat dan efisien. Seharusnya bank syariah di Kota Metro melakukan pengukuran kepuasan nasabah yang dilakukan secara berkala, dengan berbagai metode salah satunya yaitu dengan mengakomodir adanya kotak saran atau pun yang lainnya. Hal ini menjadi penting karena salah satu upaya dalam memelihara kepuasan nasabah.

KATA KUNCI: Kepuasan Nasabah, Produk, Pelayanan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Perbankan Syariah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 08 Jan 2020 01:11
Last Modified: 08 Jan 2020 01:11
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/517

Actions (login required)

View Item View Item