Pengenalan Produk Tabungan Faedah pada Bank Rakyat Indonesia Syariah KCP Metro

Carvilla, Reza (2018) Pengenalan Produk Tabungan Faedah pada Bank Rakyat Indonesia Syariah KCP Metro. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
REZA CARVILLA (NPM. 141271810).pdf - Other

Download (3MB) | Preview

Abstract

Bank syariah sebagai lembaga keuangan berbasis syariah telah mengalami pertumbuhan. Seiring dengan terjadinya persaingan arus perubahan dan persaingan yang semakin cepat dan ketat, harapan masyarakat untuk menerima kualitas pelayanan yang tinggi dengan perangkat teknologi yang cepat pun semakin meningkat. Oleh karena itu, bank syariah dituntut untuk lebih kreatif, inovatif, dan tentunya membutuhkan strategi pemasaran yang efektif. BRI Syariah KCP Metro merupakan salah satu bank yang menawarkan salah satu produk unggulannya, yaitu Tabungan Faedah.

Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini diperoleh dari sumber data primer dan sekunder dengan teknik wawancara dan dokumentasi yang bertujuan untuk mendeskripsikan pengenalan produk Tabungan Faedah BRI Syariah KCP Metro. Analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis kualitatif, karena data yang didapat berupa uraian atau keterangan-keterangan yang didapat dari kegiatan wawancara. Analisa data tersebut menggunakan cara berfikir induktif, di mana bermula dari fakta-fakta yang khusus dan peristiwaperistiwa yang konkrit yang ditarik kesimpulan secara umum. Data tersebut diperoleh dari Pincapem, Branch Operation Supervisor, Account Officer, Customer service dan nasabah BRI Syariah KCP Metro.

Hasil dari penelitian ini diketahui bahwa strategi pemasaran yang dilakukan untuk pengenalan produk Tabungan Faedah yang diterapkan BRI Syariah KCP Metro yaitu diimplementasikan menggunakan analisa STP (Segmentation, Targeting, Positioning) dan marketing mix/bauran pemasaran yang terdiri dari 7P product (produk), price (harga), place (tempat), promotion (promosi), people (orang), physical evidance (bukti fisik), dan process (proses). Dari analisis 7P tersebut promotion (promosi) menjadi faktor yang paling dominan dalam pengenalan produk Tabungan Faedah. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh tentang pengenalan produk Tabungan Faedah yang dilakukan oleh BRI Syariah KCP Metro sudah cukup berhasil. Hal ini ditunjukkan dengan naiknya jumlah nasabah Tabungan Faedah setiap tahunnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Perbankan Syariah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 08 Jan 2020 01:19
Last Modified: 08 Jan 2020 01:19
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/518

Actions (login required)

View Item View Item