Optimalisasi pengelolaan taman bacaan masyarakat Al-Suroya dalam meningkatkan minat membaca literasi islam.

Solihin, Ahmad (2019) Optimalisasi pengelolaan taman bacaan masyarakat Al-Suroya dalam meningkatkan minat membaca literasi islam. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
Skripsi 055.FTIK.2019.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Taman Bacaan Masyarakat (TBM) yang ada di tengah-tengah masyarakat belum dapat dimanfaatkan oleh masyarakat secara optimal. Hal ini disebabkan oleh 1) pengurus TBM Al-Suroya memiliki status pekerjaan ganda, sehingga pengurus TBM Al-Suroya kurang baik dalam melaksanakan tugasnya akibatnya buku-buku di TBM Al-Suroya kurang tersusun dengan rapi sesuai dengan jenis bacaan, 2) bangunan TBM Al-Suroya satu gedung dengan rumah pengurus, PAUD, tempat khursus, pendidikan kesetaraan, dan BMT, sehingga pengunjug TBM Al-Suroya kurang bebas untuk menggunakan ruang baca, 3) pengurus TBM Al-Suroya dalam menyediakan buku-buku Islam sebagai sarana dalam meningkatkan minat membaca literasi Islam perlu diperbanyak dan literasi Islam yang disediakan juga masih didominasi oleh literasi lama, 4) minat membaca literasi Islam masyarakat masih rendah. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah optimalisasi pengelolaan Taman Bacaan Masyarakat Al-Suroya dalam meningkatkan minat membaca literasi Islam. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan optimalisasi pengelolaan Taman Bacaan Masyarakat Al-Suroya dalam meningkatkan minat membaca literasi Islam.

Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif lapangan yang mengambil lokasi di TBM Al-Suroya. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik penjamin keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan teknik. Kemudian teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Berdasarkan analisis bahwa pengelolaaan TBM sudah cukup optimal yaitu melalui 1) Perencanaan meliputi menentukan tujuan, merencanakan kegiatan, menentukan sumberdaya, menentukan tempat kegiatan, membuat visi misi, jadwal kunjung, aturan-aturan meminjam dan mengembalikan buku. 2) Pengorganisasian dilakukan untuk menentukan dan memilih pengurus TBM Al-Suroya dengan tepat. 3) Penggerakan dilakukan oleh ketua TBM Al-Suroya kepada pengurus TBM Al-Suroya dengan memberikan bimbingan kerja dan mencari solusi terhadap permasalahan yang ditemui ketika menerapkan actuating di TBM Al-Suroya. 4) Pengawasan dilakukan untuk mengevaluasi kerja, penilaian kerja, evaluasi kegiatan, dan pelayanan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 20 Sep 2019 02:10
Last Modified: 20 Sep 2019 02:10
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/52

Actions (login required)

View Item View Item