Risiko Pembiayaan Murabahah Dan Mitigasinya Pada BPRS Metro Madani Kota Metro

Putri, Erika (2018) Risiko Pembiayaan Murabahah Dan Mitigasinya Pada BPRS Metro Madani Kota Metro. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
ERIKA PUTRI.pdf - Other

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pembiayaan Murabahah merupakan akad jual beli atas barang tertentu dimana penjual menyebutkan harga pembelian barang kepada pihak pembeli dengan mensyaratkan,keuntungan yang diharapkan sesuai jumlah tertentu. Produk ini merupakan produk yang menggunakan sistem bagi hasil sebagai timbal baliknya kepada nasabah selaku shahibul maal dalam sebuah skema jual beli. BPRS dalam melakukan kegiatan memberikan pembiayaan Murabahah memiliki risiko yang melekat. Terdapat 5 risiko yang kemungkinan terjadi yakni nasabah gagal bayar yang merupakan hal yang menimbulkan risiko kredit, risiko rusak atau hilangnya barang setelah bank membeli dan sebelum diserah terimakan ke nasabah, risiko barang tidak sesuai spesifikasi nasabah, risiko kebakaran, dan risiko meninggalnya nasabah pembiayaan Murabahah. Dari kelima risiko tersebut yang terjadi dan dihadapi oleh BPRS Metro Madani di dalam prakteknya, terdapat 2 risiko yakni risiko nasabah gagal bayar dan risiko meninggalnya nasabah. Untuk memimalisir sebelum terjadi risiko BPRS melakukan kegiatan manajeman risiko agar di kemudian hari tidak terjadi risiko, namun ketika risiko tersebut terjadi BPRS melakukan kegiatan mitigasi risiko guna menetralisir dampak dari risiko tersebut. Mitigasi risiko yang dipilih oleh BPRS adalah menerima risiko dan mentransfer risiko.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja risiko yang dihadapi BPRS Metro Madani serta mengetahui bagaimana proses mitigasi risiko di BPRS Metro Madani.Metode dalam penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif, dan jenis penelitian ini bersifat lapangan (field reseacrh). Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara dan dokumentasi. Manfaat dari penelitian ini adalah untuk memperkaya khazanah keilmuan serta wawasan tetang produk pembiayaan Murabahah.

Dari hasil pembahasan dan penelitian yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa, BPRS Metro Madani menghadapi 2 risiko yakni risiko gagal bayar dan risiko meninggalnya nasabah, dengan total nasabah bermasalah 58 nasabah. Dalam menangani hal tersebut BPRS Metro Madani melakukan kegiatan mitigasi risiko. Mitigasi risiko yang dilakukan oleh BPRS adalah menerima risiko dan mentransfer risiko. Mitigasi risiko dilaksanakan ketika proses manajeman risiko sudah dilaksanakan, karena mitigasi risiko ini merupakan tahapan akhir dari manajeman risiko. Secara keseluruhan kinerja BPRS Metro Madani sudah cukup baik dalam pelasanaan proses mitigasi risiko.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Perbankan Syariah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 08 Jan 2020 02:04
Last Modified: 08 Jan 2020 02:05
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/525

Actions (login required)

View Item View Item