Penggunaan alat peraga untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN 2 Gunung Katun kecamatan Baradatu tahun pelajaran 2018/2019

Afriana, Adesia (2019) Penggunaan alat peraga untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN 2 Gunung Katun kecamatan Baradatu tahun pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
Skripsi 138.FTIK.2019.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah masih rendahnya hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 2 Gunung Katun Kecamatan Baradatu. Berdasarkan observasi diperoleh bahwa pada kegiatan pembelajaran guru belum menggunakan alat peraga yang konkret, hal ini menyebabkan ketertarikan siswa untuk belajar matematika menjadi kurang. Alat peraga adalah suatu benda konkret yang dapat membantu siswa memahami materi matematika. Alat peraga yang digunakan adalah kubus, prisma, tabung, limas dan kerucut. Tujuannya adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran matematika kelas V SD Negeri Gunung Katun Kecamatan Baradatu.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 2 Gunung Katun Kecamatan Baradatu berjumlah 19 siswa. Teknik prosedur penelitian berbentuk siklus, setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes tertulis, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah metode kuantitatif kemudian dijabarkan menjadi deskriptif kualitatif.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan alat peraga dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat hasil belajar siswa siklus I rata-rata nilai 69 dan siklus II mengalami peningkatan rata-rata nilai 74 dengan ketuntasan pada siklus I 68% dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 79%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 20 Sep 2019 03:00
Last Modified: 20 Sep 2019 03:00
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/53

Actions (login required)

View Item View Item