Rekrutmen dan Penempatan Posisi Kerja Karyawan Pada BPRS Aman Syariah Sekampung ditinjau dari Manajemen Sumber Daya Manusia

Purwati, Shinta (2018) Rekrutmen dan Penempatan Posisi Kerja Karyawan Pada BPRS Aman Syariah Sekampung ditinjau dari Manajemen Sumber Daya Manusia. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
SHINTA PURWATI (NPM. 141273010).pdf - Other

Download (3MB) | Preview

Abstract

Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM) merupakan salah satu faktor yang sangat penting dalam suatu perusahaan selain faktor modal. Oleh karena itu, SDM harus dikelola dengan baik untuk meningkatkan efektifitas dan efisiensi organisasi. Sumber daya manusia harus ditarik, dipilih dan ditempatkan secara tepat, kemudian dikembangkan untuk menambah pengetahuan agar bermanfaat bagi kelangsungan hidup organisasi. Dari kegiatan tersebut tidak diragukan lagi bahwa proses rekrutmen dan penempatan posisi kerja merupakan hal yang sangat penting bagi BPRS Aman Syariah yang merupakan salah satu BPRS yang sedang berkembang dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: Untuk mengetahui proses rekrutmen dan penempatan posisi kerja karyawan di BPRS Aman Syariah ditinjau dari Manajemen Sumber Daya Manusia.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yaitu sebagai proses penelitian yang menghasilkan data kualitatif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang atau pelaku yang diamati. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara dan dokumentasi. Wawancara dilakukan kepada Direktur, karyawan bagian personalia, dan karyawan yang bekerja diluar bidang keahliannya. Dan dokumentasi berupa dokumen-dokumen mengenai data karyawan di BPRS Aman Syariah Sekampung.

Hasil penelitian yang diperoleh adalah proses rekrutmen dan penempatan posisi kerja karyawan oleh BPRS Aman Syariah belum sepenuhnya memenuhi kriteria manajemen sumber daya manusia dikarenakan lebih mengutamakan penyebaran informasi melalui sumber internal dengan prosedur penerimaan menggunakan sistem seleksi yang bersifat kekeluargaan, yaitu dengan melakukan pengecekan terhadap kondisi kesehatan jasmani dan rohani calon karyawan tanpa seleksi secara tertulis dan wawancara untuk mempertimbangkan kemampuan dan keahlian, serta latar belakang pendidikan. Akan tetapi terdapat konsekuensi logis yang sesuai dengan teori MSDM yaitu selain dari sumber internal juga melakukan rekrutmen dari sumber external dengan beberapa tahapan seleksi mulai dari seleksi administrasi, tes tertulis dan wawancara, hingga keputusan penerimaan, serta mempertimbangkan latar belakang pendidikan pelamar.

Penempatan posisi kerja dilakukan berdasarkan kebutuhan posisi kerja dan pengalaman kerja calon karyawan. Rekrutmen dan penempatan karyawan juga belum sepenuhnya sesuai dengan kriteria profesionalisme sumber daya manusia dalam Islam yang meliputi kafa‟ah (keahlian), himmatul „amal (etos kerja yang tinggi), dan amanah (tanggung jawab). Akan tetapi terdapat tangung jawab dan konsekuensi logis terhadap karyawan baru yaitu dalam bentuk pelatihan kerja

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Perbankan Syariah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 08 Jan 2020 03:07
Last Modified: 08 Jan 2020 03:07
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/536

Actions (login required)

View Item View Item