Penggunaan metode think pair share dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas IV SD Negeri 1 Balerejo kecamatan Batanghari kabupaten Lampung Timur tahun pelajaran 2018/2019

Pratiwi, Ani (2019) Penggunaan metode think pair share dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas IV SD Negeri 1 Balerejo kecamatan Batanghari kabupaten Lampung Timur tahun pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
Skripsi 139.FTIK.2019 IAIN Metro.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

Berhasil atau tidak suatu pendidikan dalam suatu negara salah satunya adalah karena guru. Guru mempunyai peranan yang sangat penting dalam perkembangan dan kemajuan anak didiknya. Selain itu, guru dituntut untuk dapat menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya. Untuk dapat mencapai tujuan pengajaran yang diharapkan guru harus pandai memilih metode yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan anak didik. Supaya anak didik dapat mengikuti proses pembelajaran secara seksama dan memperoleh kefahaman terhadap materi yang telah disampaikan oleh gurunya sehingga aktivitas dan hasil belajar siswa dapat memenuhi kriteria yang diharapkan. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswayaitu menggunakan model kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dalam proses pembelajaran. Karena dengan pembelajaran kooperatif tipe TPS dipandang mampu menyelesaikan masalah tersebut.

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah “apakah dengan menggunakan metode Think Pair Share dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Matematika siswa kelas IV SD Negeri 1 Balerejo Tahun Pelajaran 2018/2019?”. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa setelah mengikuti model pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Balerejo Tahun Pelajaran 2018/2019.

Hasil yang diperoleh pada penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Think Pair Share ( TPS ) dapat meningkatkan aktivitas belajar matematika siswa kelas IV semester ganjil siswa SD Negeri 1 Balerejo Tahun Pelajaran 2018/2019. Hal ini dapat dilihat dari hasil observasi aktivitas belajar siswa. Pada siklus I mencapai rata-rata 67,07% dan pada siklus II mencapai rata-rata 81,47% atau mengalami peningkatan sebesar 14,4%. Selain itu, model pembelajaran Think Pair Share ( TPS ) juga dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV semester ganjil siswa SD Negeri 1 Balerejo Tahun Pelajaran 2018/2019. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan peningkatan rata-rata presentase belajar siswa pada siklus I sebesar 47,85% kemudian pada siklus II meningkat sebesar 88,23% atau mengalami peningkatan sebesar 40,38%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 20 Sep 2019 03:00
Last Modified: 20 Sep 2019 03:00
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/54

Actions (login required)

View Item View Item