Peranan Teknologi dalam Produksi Genteng Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus Usaha Genteng Desa Margodadi Kecamatan Ambarawa Kabupaten Pringsewu)

Astuti, Reny (2018) Peranan Teknologi dalam Produksi Genteng Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus Usaha Genteng Desa Margodadi Kecamatan Ambarawa Kabupaten Pringsewu). Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
SKRIPSI RENY ASTUTI 13104044.pdf - Other

Download (3MB) | Preview

Abstract

Produksi adalah aktivitas mengelola dan mengombinasikan beberapa faktor produksi sehingga menghasilkan barang atau jasa yang diperbolehkan dan bermanfaat atau menambah nilai guna, serta memenuhi kebutuhan manusia. Dalam proses produksi genteng diperlukan faktor-faktor produksi, salah satu faktor utama produksi genteng yaitu teknologi. Terkait teknologi yang digunakan Agama tidak perduli yang menjadi prioritas adalah terciptanya kemaslahatan bagi manusia. Dari penjelasan tersebut bahwasanya peranan teknologi dalam produksi harus sesuai dengan prinsip produksi dalam ekonomi Islam, terutama perbedaaan hasil antara teknologi dengan tradisional, untuk itu bagaimana peran teknologi dalam produksi genteng di desa Margodadi kecamatan Ambarawa.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan teknologi dalam produksi genteng perspektif ekonomi Islam. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah jenis penelitian lapangan bersifat kualitatif. Sumber data yang penulis gunakan adalah sumber data primer dan sumber data sekunder, sumber data primer diperoleh melalui wawancara yaitu kepada pemilik usaha dengan menggunakan purposive sampling, dan kepada karyawan dengan menggunakan sample aksidental, sumber data sekunder diperoleh dari buku-buku, jurnal dan sumber lainnya. Teknik pengumpul data penulis menggunakan metode wawancara dan dokumentasi. Teknis analisa data menggunakan analisa induktif.

Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa peranan tekologi dalam produksi genteng perspektif ekonomi Islam desa Margodadi kecamatan Ambarawa kabupaten Pringsewu telah sesuai dengan prinsip produksi dalam ekonomi Islam. Jika dikaitkan dengan prinsip keadilan dalam produksi agar efisien, maka dalam usaha genteng sudah efisien dilihat dari pemesan yang meningkat, proses produksi yang cukup cepat dan berkualitas, namun jika dikaitkan dengan prinsip ramah lingkungan usah genteng ini tidak sesuai disebabkan pembakaran genteng dengan menggunakan kayu bakar yang mengeluarkan asap sehingga mencemari lingkungan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 08 Jan 2020 03:51
Last Modified: 08 Jan 2020 03:51
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/544

Actions (login required)

View Item View Item