Optimalisasi Peran Badan Usaha Milik Tiyuh (BUMT) Artha Jaya Terhadap Perekonomian Masyarakat Desa Candra Jaya Kecamatan Tulang Bawang Tengah Kabupaten Tulang Bawang Barat

Hermawan, Dodik (2018) Optimalisasi Peran Badan Usaha Milik Tiyuh (BUMT) Artha Jaya Terhadap Perekonomian Masyarakat Desa Candra Jaya Kecamatan Tulang Bawang Tengah Kabupaten Tulang Bawang Barat. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
DODIK HERMAWAN.pdf - Other

Download (2MB) | Preview

Abstract

Undang-Undang No 6 tahun 2014 tentang Desa menyatakan bahwa desa disarankan untuk memiliki suatu badan usaha milik desa (BUMDes) yang berguna bagi pelayanan kebutuhan masyarakat desa serta memanfaatkan sumberdaya desa yang belum dimanfaatkan sehingga mampu menggerakkan perekonomian masyarakat desa. Tujuannya adalah untuk menguatkan serta meningkatkan perekonomian masyarakat desa dan juga pendapatan asli desa melalui unit usaha yang dijlankan. Salah satu Tiyuh yang sudah mendirikan BUMDes adalah di Tiyuh Candra Jaya Kecamatan Tulang Bawang Tengah Kabupaten Tulang Bawang Barat yang diberi nama Badan Usaha Milik Tiyuh (BUMT) Artha Jaya. Unit usaha dari BUMT ini adalah unit usaha perdagangan dan jasa.

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan optimalisasi peran BUMT Artha Jaya terhadap perekonomian masyarakat desa Candra Jaya, Kecamatan Tulang Bawang Tengah, Kabupaten Tulang Bawang Barat. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data wawancara dan dokumentasi. Wawancara dilakukan terhadap masyarakat Desa Candra Jaya Kec. Tulang Bawang Tengah Kab. Tulang Bawang Barat.

Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diketahuhi bahwa BUMT Artha Jaya belum dapat mengoptimalkan perannya terhadap perekonomian masyarakat desa Candra Jaya. Hal ini dikarenakan beberapa kendala seperti kurangnya modal sehingga operasioanal BUMT Artha Jaya belum optimal. Selain itu kendalanya adalah kurangnya pemahaman masyarakat desa mengenai BUMT Artha Jaya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 08 Jan 2020 04:05
Last Modified: 08 Jan 2020 04:05
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/547

Actions (login required)

View Item View Item