Penggantian Barang dalam Jual Beli Grosir Menurut Etika Bisnis Islam (Studi Kasus di Toko Tekstil dan Pakaian di Mega Mall Kota Metro)

Nairobi, Intan (2018) Penggantian Barang dalam Jual Beli Grosir Menurut Etika Bisnis Islam (Studi Kasus di Toko Tekstil dan Pakaian di Mega Mall Kota Metro). Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
SKRIPSI INTAN NAIROBI NPM. 1288044.pdf - Other

Download (2MB) | Preview

Abstract

Dalam jual beli grosir, ada kemungkinan barang mengalami cacat atau kerusakan. Penjual grosir berupaya menerima return akibat cacat yang diajukan oleh pembeli. Namun ada pembeli yang nakal karena membuat cacat barang karena barang tersebut tidak laku dijual untuk kemudian ditukarkan kepada penjual grosir. Hal-hal seperti ini tentu sangat merugikan penjual. Pembeli dalam hal ini salah mengartikan khiyar dalam penggantian barang yang ada dalam jual beli. Sehingga pertanyaan dalam penelitian ini adalah: bagaimana sudut pandang etika bisnis Islam pada penggantian barang dalam jual beli grosir di Metro Mega Mall. Manfaat penelitian ini adalah sebagai wahana untuk mengembangkan dan menambah ilmu pengetahuan mengenai jual beli grosir khususnya tentang penggantian barang dan bahan masukan bagi umat Islam khususnya bagi para penjual dan pembeli grosir (reseller) di Metro Mega Mall tentang pelaksanaan penggantian barang dalam jual beli grosir menurut etika bisnis Islam.

Penelitian ini adalah penelitian lapangan yang bersifat deskriptif. Sumber data penelitian berupa sumber data primer (penjual dan pembeli grosir toko tekstil dan pakaian Metro Mega Mall) dan sumber data sekunder (dokumen-dokumen, buku-buku dan jurnal-jurnal terkait). Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara (interview) bebas terpimpin dan dokumentasi. Teknik analisa data yang digunakan adalah analisa kualitatif dengan metode berfikir induktif.

Berdasarkan hasil penelitian, realitas penggantian barang dalam jual beli grosir di Metro Mega Mall disebabkan karena adanya barang cacat yang ditemui pembeli grosir (khiyar aib dan khiyar ru’yah) atau karena produk tersebut tidak laku (khiyar syarat). Bila dilihat dari etika bisnis Islam, dalam jual beli grosir di Metro Mega Mall terdapat prinsip ketauhidan dimana segala sesuatu yang dilakukan semata-mata karena Allah, prinsip keadilan dimana penjual tidak mendiskriminasikan pembeli, prinsip kebebasan dimana pembeli bisa untuk menukar barang yang memiliki cacat bahkan tidak laku, prinsip tanggung jawab dimana penjual bertanggung jawab atas barang yang tidak sesuai atau cacat dan prinsip itikad baik yang diwujudkan dengan melaksanakan transaksi berdasarkan iktikad baik, transparan dan tidak merugikan/menzalimi pihak yang lain. Meskipun demikian, pembeli yang sengaja membuat produk cacat demi menukar produk yang tidak laku merupakan praktik pengambilan hak orang lain, menzalimi salah satu pihak dan termasuk memakan harta secara batil.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 08 Jan 2020 04:14
Last Modified: 08 Jan 2020 04:14
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/549

Actions (login required)

View Item View Item