Upaya Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Melalui Kegiatan Finger Painting di Kober Rofa Sukadana Lampung Timur

Oktaviana, Anita (2019) Upaya Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Melalui Kegiatan Finger Painting di Kober Rofa Sukadana Lampung Timur. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
SKRIPSI ANITA.pdf - Other

Download (7MB) | Preview

Abstract

Keterampilan motorik halus anak di KOBER Rofa Sukadana belum berkembang secara maksimal terutama dalam kegiatan menggerakan jari tangan maupun kemampuan untuk menggenggam dan memegang benda.

Berdasarkan permasalahan tersebut, Peneliti tertarik untuk menerapkan kegiatan finger painting dalam meningkatkan keterampilan motorik halus anak, karna melalui kegiatan finger painting jari-jari anak akan bergerak dan bergesekan dengan cat pewarna.

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah ―apakah kegiatan finger painting dapat meningkatkan keterampilan motorik halus pada anak di KOBER Rofa Sukadana Lampung Timur ?‖. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan motorik halus melalui kegiatan finger painting di KOBER Rofa Sukadana Lampung Timur.

Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan melalui 2 siklus yaitu meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan atau observasi, dan refleksi. Sedangkan untuk mengetahui tingkat perkembangan anak peneliti menggunakan lembar observasi. Pelaksanaan kegiatan finger painting di KOBER Rofa Sukadana Lampung Timur pada tahun ajaran 2019/2020 dilaksanakan oleh 17 anak.

Hasil penelitian : Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, diketahui bahwa kegiatan finger painting dapat meningkatkan keterampilan motorik halus anak di KOBER Rofa Sukadana Lampung Timur. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil penilaian siklus II yang menunjukan bahwa keterampilan motorik halus sudah mencapai kriteria perkembangan yang diharapkan yaitu BSH (Berkembang Sesuai Harapan). Hal tersebut juga dapat diilihat saat proses kegiatan finger painting berlangsung, anak sudah dapat mengkoordinasi mata dan tangannya. Hal ini terlihat dari anak sudah dapat menggunakan tangan dan jarijarinya untuk melukis dengan baik serta jari–jari anak nampak lentur pada saat kegiatan melukis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 08 Jan 2020 06:04
Last Modified: 08 Jan 2020 06:04
URI: http://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/557

Actions (login required)

View Item View Item