Pengaruh Qardhul Hasan Terhadap Minat Menabung di BMT L-Risma Pekalongan

Aprianes S., Anggun (2018) Pengaruh Qardhul Hasan Terhadap Minat Menabung di BMT L-Risma Pekalongan. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
Anggun Aprianes S (NPM. 1287124) .pdf - Other

Download (3MB) | Preview

Abstract

Lembaga keuangan syariah merupakan sebuah lembaga yang berfungsi sebagai alternatif solusi keuangan yang mampu memenuhi kebutuhan ekonomi masyarakat. Keberadaan lembaga keuangan syariah ini merupakan wujud nyata dari usaha untuk menerapkan suatu bentuk sistem keuangan berbasis syariah yang berpedoman pada sumber-sumber hukum islam.

Metode penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, dan jenis penelitian lapangan (Field Research ). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara dan dokumentasi. Metode wawancara untuk mengetahui pengaruhnya qardhul hasan terhadap minat menabung di BMT LRisma, dan metode dokumentasi digunakan untuk penyimpanan bukti-bukti terhadap segalahal baik objek atau peristiwa yang terjadi di lokasi. Analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan analisis kualitatif lapangan dan menggunakan cara berfikir induktif.

Hasil dari pembahasan dan analisa diketahui bahwa pengaruh qardhul hasan terhadap minat menabung di BMT L-Risma di Pekalongan karena dapat meningkatkan pendapatan masyarakat yang meminjam pada BMT, terbukti bahwa peminjaman yang menggunakan pinjaman tersebut lebih bersifat produktif yang mengakibatkan meningkatnya anggota nasabah yang menabung di BMT tersebut. Sumber dana yang dipakai BMT dalam memberikan pinjaman kepada anggota atau nasabah untuk pembiyaan Qardhul Hasan berasal dari dana seperti Infaq

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 08 Jan 2020 06:23
Last Modified: 08 Jan 2020 06:23
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/560

Actions (login required)

View Item View Item