Pengaruh Promosi Terhadap Peningkatan Jumlah Nasabah Pada BMT Mentari Simbarwaringin

Saputro, Herwan Eko (2018) Pengaruh Promosi Terhadap Peningkatan Jumlah Nasabah Pada BMT Mentari Simbarwaringin. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
HERWAN EKO SAPUTRO (1287944).pdf - Other

Download (4MB) | Preview

Abstract

Pemasaran adalah fungsi bisnis yang sarat akan kebutuhan dan keinginan pelanggan. Banyak orang melihat pemasaran hanya sebatas iklan atau penjualan, tetapi pemasaran yang sebenarnya tidak mencakup pada seni menjual barang namun yang lebih penting adalah mengetahui modal apa yang akan dibuat. Pemasaran mempunyai modal yang sangat penting dalam mencapai keberhasilan sebuah perusahaan barang maupun jasa. Semakin baik strategi pemasaaran yang dilakukan maka semakin mendekati target pasar yang diharapkan. Dalam dunia pemasaran selalu terkait dengan yang dinamakan marketing mix (bauran Pemasaran). Marketing mix adalah deskriptif dari suatu kumpulan alat-alat yang dapat digunakan oleh manajemen untuk mempengaruhi penjualan. Yang terdiri dari price, Product, Place dan Promotion. Salah satu strategi pemasaran yang harus dijalankan adalah promosi.

Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh promosi terhadap peningkatan jumlah nasabah pada BMT Mentari Simbarwaringin.

Jenis penelitian ini adalah Field Research, Tau penelitian lapangan dan bersifat deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, obwservasi dan dokumentasi. Setelah data-data terkumpul dan dianalisis dengan cara reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.

Berdasaran hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa promosi yang dilakukan oleh BMT Mentari Simbarwaringin dalam peninmgkatan jumlah nasabah adalah 1) sosialisasi pihak BMT Mentari Berjalan dengan baik, 2) pemahaman nasabah terhadap produk-produk BMT Mentari Simbarwaringin cukup baik, 3) pelayanan BMT Mentari simbarwaringin sangat baik, 4) kepercayaan terhadap BMT Mentari. BMT Mentari Simbarwaringin dalam meningkatkan jumlah nasabah menggunakan media pemasaran secara langsung (Direct Marketing), tanpa adanya pihak peranrata pemasaran dalam transaksi tawar menawar jual beli atas suatu produk atau jasa yang ditawarkan oleh karena itu, peningkatan jumlah nasabah dari tahun 2016 hinigga 2017 berjumlah 1123 Orang/nasabah atau naik 26,6 % meningkat secara signifikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 08 Jan 2020 06:33
Last Modified: 08 Jan 2020 06:33
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/562

Actions (login required)

View Item View Item