Jual Beli Online Menggunakan Sistem Dropshipping dalam Perspektif Etika Bisnis Islam (Studi Kasus di Distro Indie Clothing di Jl. Yos Sudarso Kecamatan Metro Barat Kota Metro)

Destyana, . (2018) Jual Beli Online Menggunakan Sistem Dropshipping dalam Perspektif Etika Bisnis Islam (Studi Kasus di Distro Indie Clothing di Jl. Yos Sudarso Kecamatan Metro Barat Kota Metro). Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
SKRIPSI.pdf - Other

Download (10MB) | Preview

Abstract

Saat ini, cara melakukan jual beli mengalami perkembangan. Umunya jual beli dilakukan antara penjual dan pembeli dan bertemu langsung, barang yang diperjualbelikan pun harus ada. Sekarang ini, jualbeli bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja dengan menggunakan banyak cara, salah satunya yaitu menggunakan sistem dropshipping. Sistem dropshipping saat ini sudah umum digunakan oleh banyak toko dan online shop. Jual beli sistem dropshipping hampir sama dengan jual beli salam. Dalam jual beli harus memenuhi rukun dan syaratnya jual beli. Menggunakan sistem dropshipping barang yang diperjualbelikan hanya dapat ditunjukan dalam bentuk foto/gambar dengan spesifikasi barang dan harga. Sehingga tak heran apabila pembeli merasa kecewa pada saat menerima barang yang tidak sesuai dengan yang dijelaskan dalam foto, kekecewaan ini terjadi karena kurang berhati-hati dan karena terburu-buru dalam memilih. Dan juga adanya unsur ketidakpastian dari dropshipper dengan kesepaktan awal tentang barang yang tidak sesuai setelah diterima oleh pembeli. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah jual beli online menggunakan sistem dropshipping dalam perspektif etika bisnis Islam.

Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (file reseach) dengan menggunakan sumber data primer dan sekunder. Sedangkan teknik pengumpul datanya yaitu wawancara dan dokumentasi yang bertujuan untuk mengetahui lebih mendalam tentang jual beli online menggunakan sistem dropshipping di distro indie clothing jika ditinjau dalam perspektif etika bisnis Islam.

Dari hasil penelitian bahwa jualbeli online menggunakan sistem dropshipping merupakan jual beli yang disebutkan sifat-sifat barangnya. Kemudian jika dilihat dari segi prinsip-prinsip etika bisnis Islam sudah memenuhi kriteria dalam etiaka bisnis Islam, terutama dalam segi tauhid dan keadilan. Tetapi dalam prinsip jujur dan tanggungjawab masih kurang diaplikasikan dalam transaksi nya. Etika bisnis Islam memberikan ketentuan bahwa pelaku bisnis harus memahami, mengetahui dan mejalankan prinsipprinsip etika bisnis Islam. Sedangkan untuk pembeli harus lebih berhati-hati dan lebih banyak bertanya sebelum membeli, agar tidak merasa kecewa dan merasa dirugikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 08 Jan 2020 06:42
Last Modified: 08 Jan 2020 06:42
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/563

Actions (login required)

View Item View Item