Hubungan aktivitas belajar online dengan Hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VII SMP negeri 7 metro Tahun pelajaran 2020/2021

Arvina, Devi (2022) Hubungan aktivitas belajar online dengan Hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VII SMP negeri 7 metro Tahun pelajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI DEVI ARVINA -1801010024 - PAI(1).pdf - Other

Download (3MB)

Abstract

AAktivitas belajar online adalah segala kegiatan baik jasamani maupun rohani yang melibatkan aktivitas fisik maupun psikis, terutama dalam hal kegiatan belajar mengajar yang dilakukan secara daring untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan. Aktivitas belajar online yang dilakukan oleh peserta didik diharapkan dapat bermanfaat dalam kegiatan belajar mengajar walaupun dilaksanakan secara online melalui aplikasi-aplikasi pembelajaran online. Hasil belajar mata pelajaran pendidikan agama islam merupakan hasil usaha yang dilakukan oleh peserta didik dalam aktivitas pembelajaran mata pelajaran pendidikan agama islam yang dapat diukur dan dinilai setelah peserta didik melakukan proses pembelajaran. Hal ini sangat penting karena aktivitas belajar online sangat menentukan hasil belajar peserta didik.

Adapun rumusan masalah pada penelitian ini adalah Apakah ada hubungan aktivitas belajar online dengan hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam siswa kelas VII SMP Negeri 7 Metro Tahun Pelajaran 2020/2021. Penelitian ini bertujuan untuk menguji hipotesis adanya hubungan aktivitas belajar online dengan hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VII SMP Negeri 7 Metro tahun pelajaran 2020/2021. Bentuk penelitian yang dilakukan adalah penelitian jenis data kuantitatif dengan sifat penelitian korelasi. Populasinya berjumlah 120 peserta didik kelas VII A - VII E dengan sampel 43 peserta didik dan teknik pengambilan sampelnya menggunakan simple rondom sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket, dan dokumentasi, serta teknik analisis data menggunakan rumus korelasi Product Moment.
Berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh hasil sebesar 0,719 dengan menggunakan rumus korelasi Product Moment. Sedangkan rtabel pada taraf signifikan 5% adalah 0,308. Demikian rxy sebesar 0,719 adalah lebih besar dari pada rtabel. Karena itu rxy hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis (Ho) ditolak. Maka kesimpulannya ada hubungan aktivitas belajar online dengan hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VII SMP Negeri 7 Metro tahun pelajaran 2020/2021.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fandy Hidayat .
Date Deposited: 04 Jul 2022 06:31
Last Modified: 04 Jul 2022 06:31
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/5658

Actions (login required)

View Item View Item