Peran Guru Dalam Memotivasi Belajar Siswa Kelas IV MI Al-Imam Metro Kibang Lampung Timur

Ardiansyah, Khoirul (2022) Peran Guru Dalam Memotivasi Belajar Siswa Kelas IV MI Al-Imam Metro Kibang Lampung Timur. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI KHOIRUL ARDIANSYAH -1601050016 -PGMI.pdf - Other

Download (5MB)

Abstract

Keberhasilan suatu pembelajaran tak lepas dari seorang guru karena guru mempunyai peran yang sangat penting. Guru adalah orang yang bekerjanya mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik. Walaupun peranannya sangat menentukan, namun harus disadari bahwasanya guru bukan satu-satunya penentu keberhasilan atau kegagalan pembelajaran. Sebab, keberhasilan atau kegagalan pembelajaran dipengaruhi oleh beragam faktor yang saling berkaitan. Salah satu faktor penentu keberhasilan adalah adanya motivasi yang dimiliki siswa. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui untuk mengetahui Peran Guru Dalam Memotivasi Belajar Siswa di MI Al-Imam Metro Kibang Lampung Timur.

Jenis penelitian ini adalah Field Reasearch yaitu penelitian yang mengharuskan peneliti berangkat ke „lapangan‟ untuk mengadakan pengamatan tentang sesuatu fenomena dalam suatu keadaan alamiah. Metode penelitian yang diterapkan dalam penelitian ini adalah ex post facto yang artinya sesudah fakta, dengan pengambilan data secara survey. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Metode pengumpulan data adalah wawancara (interview), pengamatan (observasi) dan dokumentasi. Sedangkan teknik analis data yang digunakan yaitu induktif melalui reduksi data, penyajian data (data display) dan kesimpulan (verification).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru sebagai motivator, guru telah menanamkan rasa semangat dan juga memberikan motivasi melalui berbagai cara, yaitu dengan sedikit bermain dan bernyanyi ketika pembelajaran luring dan memberikan nasihat dan pujian serta memberikan hukuman berupa teguran jika ada peserta didik yang tidak disiplin. Guru memegang peranan yang sangat penting dalam hal ini untuk memberikan motivasi kepada siswa agar tercapainya kondisi yang efektif bagi siswa untuk menjalankan proses belajar mengajar. Selain itu guru dapat menanamkan motivasi dengan cara; memperjelas tujuan yang ingin dicapai kepada para siswa, membangkitkan minat siswa, menciptakan suasana yang menyenangkan dalam proses belajar, memberikan pujian yang wajar, memberikan penilaian dan komentar terhadap hasil pekerjaan, serta dengan menciptakan persaingan kerjasama dalam kelas.

Kata Kunci: Peran, Guru, Motivasi Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 04 Jul 2022 06:42
Last Modified: 04 Jul 2022 06:42
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/5750

Actions (login required)

View Item View Item