Penitipan Hasil Panen Padi dalam Perspektif Etika Bisnis Islam (Studi Kasus Kampung Suka Jawa Kecamatan Bumi Ratu Nuban Kabupaten Lampung Tengah)

Safitri, Febriyani (2018) Penitipan Hasil Panen Padi dalam Perspektif Etika Bisnis Islam (Studi Kasus Kampung Suka Jawa Kecamatan Bumi Ratu Nuban Kabupaten Lampung Tengah). Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
SKRIPSI FEBRIYANI SAFITRI (14118234).pdf - Other

Download (5MB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Penitipan Hasil Panen Padi Dalam Perspektif Etika Bisnis Islam (Studi Kasus Kampung Suka Jawa Kecamatan Bumi Ratu Nuban Kabupaten Lampung Tengah)” merupakan hasil penelitian kualitatif yang bertujuan untuk menjawab pertanyaan tentang bagaimana penitipan hasil panen padi dalam perspektif etika bisnis islam di Kampung Suka Jawa Kecamatan Bumi Ratu Nuban Kabupaten Lampung Tengah.

Data yang diperlukan dala penelitian ini dikumpulkan dengan teknik wawancara (interview) dan dokumentasi. Selanjutnya dianalisis dengan menggunakan metode analisis induktif kualitatif, yaitu dimulai dengan mengumulkan data yang diperleh dari lapangan tentang perspektif etika bisnis Islam pada penitipan, kemudian dianalisis dengan menggunakan Wadi‟ah dalam Fiqih Muamalah.

Penelitian ini menyimpulkan bahwa penitipan hasil panen padi di Kampung Suka Jawa Kecamatan Bumi Ratu Nuban kabupaten Lampung Tengah terjadi ketika petani menitipkan hasil panennya kepada agen padi untuk menjaga dan merawatnya dengan ketdentuan dan syarat yang telah disepakati. Agen padi menarik 20% gabah/padi kotor pada setiap padi yang dititipkan. Petani dapat mengambil barang titipannya sewaktu-waktu ketika mereka membutuhkan padinya kembali tetapi janga waktu penitipan hanya 1 tahun setelah itu petani harus mengambil padinya kembali atau dijual. Namun pada kenyatannya setelah padi di dalam gudang, agen padi melakukan praktik bisnis dengan memperjualbelikan padi yang dititipkan digudang. Penitipan padi ini tidak sesuai dengan prinsip akad wadi‟ah. Karena adanya praktik bisnis didalamnya yang tidak tertulis maupun terucap ketika melakukan perjanjian penitipan hasil panen padi. Dalam etika bisnis dalam Islam juga tidak diperbolehkan melakukan bisnis dengan cara yang tidak sesuai dengan ajaran Islam dengan mencampuradukan dengan barang titipan yang harusya dijaga dengan amanah.

Dari kesimpulan diatas, maka kepada agen padi tersebut hendaknya untuk lebih menaati apa yang telah menjadi kesepakatan yang telah disepakati dalam perjanjian penitipan antara kedua belah pihak agar tidak terjadi kesalahpahaman ataupun merugikan salah satu pihak. Selain itu, seharusnya tidak ada praktik bisnis dalam penitipan tanpa izin dari pihak penitip.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 08 Jan 2020 08:03
Last Modified: 08 Jan 2020 08:03
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/577

Actions (login required)

View Item View Item