Persepsi Peserta Didik Tentang Keterampilan Mengajar Guru Pendidikan Agama Islam Di SMP N 1 Sukadana

Aquinalda, Icha (2017) Persepsi Peserta Didik Tentang Keterampilan Mengajar Guru Pendidikan Agama Islam Di SMP N 1 Sukadana. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
ICHA AQUINALDA (1398601).pdf - Other

Download (1MB) | Preview

Abstract

Guru adalah faktor yang sangat berpengaruh dalam dunia pendidikan, terlebih guru Pendidikan Agama Islam memegang perananp penting. Selain mencerdaskan anak bangsa, guru Pendidikan Agama Islam juga dituntut untuk bisa memperbaiki akhlak peserta didik agar menjadi lebih baik. Oleh sebab itu selama pelaksanaan pembelajaran berlangsung guru harus mampu menguasai kelas dengan baik agar tercapainya tujuan pendidikan. Cara untuk dapat menguasai kelas dengan baik seharusnya memiliki keterampilan mengajar. Keterampilan mengajar yang harus dimiliki oleh guru, yaitu keterampilan membuka dan menutup pelajaran, keterampilan mengelola kelas, keterampilan memberi penguatan, keterampilan bertanya, keterampilan membimbing kelompok kecil, keterampilan menjelaskan pelajaran dan keterampilan mengadakan variasi.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi peserta didik tentang keterampilan mengajar guru Pendidikan Agama Islam di SMP N 1 Sukadana. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Wawancara dilakukan kepada 10 peserta didik kelas VIII.4 terkait keterampilan mengajar guru Pendidikan Agama Islam. Observasi dan dokumentasi dilaksanakan terhadap hal-hal yang berkaitan dengan persepsi peserta didik tentang keterampilan mengajar guru Pendidikan Agama Islam di SMP N 1 Sukadana.

Berdasarkan hasil penelitian, bahwa persepsi peserta didik tentang keterampilan mengajar guru, telah sesuai dengan indikator keterampilan mengajar guru. Meskipun ada beberapa hal yang perlu dibenahi oleh guru Pendidikan Agama Islam saat proses belajar mengajar berlangsung. Hal-hal yang perlu dibenahi diantaranya keterampilan dalam menutup pelajaran, sebelum menutup pelajaran guru disarankan untuk menyimpulkan materi yang telah disampaikan. Selain itu pada keterampilan bertanya. Guru disarankan untuk lebih memberikan stimulus kepada peserta didik agar berani bertanya. Yang terakhir yaitu pada keterampilan mengadakan variasi, ada banyak jenis media dan metode yang bisa guru gunakan dalam usaha untuk mengadakan variasi agar peserta didik tidak jenuh dan bosan selama proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 08 Jan 2020 08:13
Last Modified: 08 Jan 2020 08:13
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/579

Actions (login required)

View Item View Item