Penerapan Model Blended Learning dalam Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid 19 di SD Negeri 1 Gunung Sugih Besar Lampung Timur

Anggraini, Safitri (2022) Penerapan Model Blended Learning dalam Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid 19 di SD Negeri 1 Gunung Sugih Besar Lampung Timur. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] Text
SKRIPSI SAFITRI ANGGRAINI OK FIX 1111 - Safitri Anggraini.pdf - Other

Download (5MB)

Abstract

Dunia ini mengalami goncangan yaitu adanya virus Covid-19 yang memakan banyak korban sehingga hampir melumpuhkan semua kegiatan disegala sector mulai dari ekonomi, kesehatan, hingga pendidikan. Menimbang dengan adanya kejadian seperti ini pemerintah memutuskan untuk mengintruksikan penerapan system pembelajaran berbasis online yang serentak dilakukan seluruh lembaga pendidkan di Indonesia. Hal ini tak terkecuali di SD Negeri 1 Gunung Sugih Besar yang menerapkan pembelajaran dengan model pembelajaran blended learning. Pemilihan model pembelajaran ini merupakan salah satu keputusan yang diambil sebab melihat situasi dan kondisi yang sesuai dengan model pembelajaran tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perencanaan pembelajaran menggunakan model pembelajaran blended learning. Untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pembelajaran menggunakan model pembelajaran blended learning. Dan untuk mengetahui evaluasi pembelajaran menggunakan model blended learning. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif lapangan yang bersifat deskriftif kualitatif. Dilaksanakan di SD Negeri 1 Gunung Sugih Besar Lampung Timur. Analisis data dan hasil penelitian diperoleh dari proses mencari dan menyusun secara sistematis data yang di peroleh dari wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang sudah peneliti lakukan bahwa penerapan pemebalajaran blended learning meliputi tiga proses yaitu perencanaan, pelaksanaan dan penilaian. Pada tahap perencanaan penerapan pembelajaran blended learning di SD Negeri 1 Gunung Sugih Besar seperti menggunakan aplikasi whatsapp, pendataan kondisi dan nomor telepon siswa dengan membuat grup, menyiapkan RPP, menyiapkan bahan materi dan menentukan media pembelajaran. Pada tahap pelaksanaan pembelajaran blended learning di SD Negeri 1 Gunung Sugih Besar antara lain kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup pembelajaran. Pada tahap penilaian guru melakukan penilaian pengetahuan dan keterampilan. Untuk penilaian pengetahuan dapat dilihat dari hasil tugas soal sedangkan untuk penilaian tugas keterampilan dilihat dari video membaca/belajar yang dikirim pada pendidik. Dampak positif dalam pembelajaran model blended learning ialah guru belajar lebih dalam mengenai tekhnologi informatika sedangkan dampak negative seperti kurangnya kepemahaman siswa mengenai materi pembelajaran yang diberikan.

Kata Kunci : Penerapan Pembelajaran, Model Pembelajaran, Pembelajaran Berbasis Blended Learning.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 04 Jul 2022 03:10
Last Modified: 04 Jul 2022 03:10
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/5806

Actions (login required)

View Item View Item