Analisis Faktor Kesulitan Belajar Konsep Pecahan Matematika Kelas V SD IT Cinta Illahi

Ananda, Anisa Bela Dwi (2022) Analisis Faktor Kesulitan Belajar Konsep Pecahan Matematika Kelas V SD IT Cinta Illahi. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] Text
SKRIPSI ANISA BELA DWI ANANDA 1801051008 BISMILLAH FIXXXX-1 - Anisa Bela.pdf - Other

Download (7MB)

Abstract

Matematika adalah salah satu komponen dalam pendidikan yang melatih kemampuan siswa untuk berfikir kritis. Pembelajaran matematika adalah pembelajaran yang dipembelajarkan di sekolah dasar, hal ini disebabkan oleh hakikat pembelajaran matematika di sekolah dasar yang sangat sesuai dengan tuntutan kehidupan. Namun pada kenyataannya masih banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam belajar matematika, khususnya pada materi konsep pecahan matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan yang dialami siswa pada konsep pecahan matematika dan penyebab siswa mengalami kesulitan belajar konsep pecahan matematika di SD IT Cinta Illahi.Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan yaitu wawancara, dokumentasi dan angket. Adapun teknik analisis data yang peneliti gunakan yaitu, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang peneliti lakukan dapat disimpulkan bahwa, kesulitan belajar konsep pecahan matematika yang dialami siswa terdapat tiga indikator, yaitu dikarenakan siswa mengalami kesulitan memahami konsep pecahan, kesulitan dalam keterampilan menghitung dan kesulitan dalam memecahkan masalah. Fator yang menyebabkan siswa mengalami kesulitan belajar konsep pecahan matematika, yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal berasal dari dalam diri siswa meliputi sikap siswa dalam belajar konsep pecahan matematika yang menggangap bahwa pembelajaran matematika itu sulit, motivasi belajar siswa yang masih rendah dan masih membutuhkan dorongan motivasi dari guru dan orangtua, kesehatan tubuh yang kurang optimal sehingga menyebabkan siswa tidak dapat mengikuti pembelajaran matematika, secara maksimal, dan kemampuan pengindraan siswa yang mengalami gangguan. Sedangkan faktor eksternal yang berasal dari luar diri siswa antara lain kurangnya variasi guru dalam mengajar matematika, penggunaan media pembelajaran yang tidak maksimal, minimnya sarana dan prasarana sekolah, serta lingkungan keluarga terutama orangtua yang sibuk dengan pekerjaannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 01 Jul 2022 03:18
Last Modified: 01 Jul 2022 03:18
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/5813

Actions (login required)

View Item View Item