Analisis Kesulitan Membaca Siswa pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD Negeri 1 Sumberrejo

Ariyanti, Puspita Indah (2022) Analisis Kesulitan Membaca Siswa pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD Negeri 1 Sumberrejo. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
PUSPITA INDAH ARIYANTI NPM. 1801051045 - Puspita Indah Ariyanti.pdf - Other

Download (5MB)

Abstract

pada usia sekolah permulaan tidak segera memiliki kemampuan membaca, ia akan mengalami banyak kesulitan dalam mempelajari berbagai bidang studi di kelas berikutnya. Kesulitan membaca yang dialami siswa diantaranya adalah sulit membedakan antara huruf “b” dengan “d”, huruf “p” dengan “q” dan lain sebagainnya. Selain mengalami kesulitan dalam mengenal huruf siswa juga belum lancar dalam membaca serta tidak memahami fungsi dari tanda baca. Jumlah siswa kelas II adalah 25 siswa yang 16 diantaranya masih mengalami kesulitan dalam membaca. Dengan kemampuan membaca yang baik maka akan menjadi modal dasar keberhasilan dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui tentang kesulitan membaca yang dialami siswa kelas II di SD Negeri 1 Sumberrejo. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research) dalam penelitian ini peneliti terjun langsung ke lapangan terlibat langsung dengan partisipan untuk memperoleh informasi atau data. Sumber data pada penelitian ini adalah kepala sekolah, guru kelas II dan juga siswa kelas II di SD Negeri 1 Sumberrejo. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti diperoleh sebuah kesimpulan, siswa mengalami kesulitan dalam membedakan huruf, kurang tepat pada ejaan kata, belum memahami fungsi tanda baca, dan membacanya belum lancar yang menyebabkan tidak memahami isi dari pada teks yang dibaca. Dalam mengevaluasi kemampuan membaca siswa guru berpatokan pada lima aspek penilaian membaca yang dibuatnya. Upaya guru dalam membantu siswa meningkatkan kemampuan membaca dengan menggunakan metode demonstrasi. Kesulitan membaca siswa ini disebabkan oleh faktor internal dan juga faktor eksternal dari siswa.

Kata kunci : kemampuan membaca, kesulitan membaca

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 29 Jun 2022 08:02
Last Modified: 29 Jun 2022 08:02
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/5816

Actions (login required)

View Item View Item