Pengaruh Profesionalisme Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa di MTs Riyadlatul Ulum Batanghari Lampung Timur Tahun Ajaran 2020/2021

Arfiansyah, Achmad Luthfi (2022) Pengaruh Profesionalisme Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa di MTs Riyadlatul Ulum Batanghari Lampung Timur Tahun Ajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI LUTHFI - Luthfi Arfiansyah.pdf - Other

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh profesionalisme guru terhadap motivasi belajar siswa di MTs Riyadlatul Ulum Batanghari Lampung Timur. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Instrument yang digunakan yaitu dokumentasi dan angket untuk memperoleh data profesionalisme guru dan motivasi belajar siswa. Analisis data yang digunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, Uji Homogenitas, uji linieritas dan uji hipotesis dengan Pearson Product Moment dengan menggunakan SPSS Versi 26. Hasil uji linieritas dapat diketahui bahwa dengan membandingkan nilai sig 0,862 > 0,05. Maka antara variabel bebas memiliki hubungan yang linier dengan variabel terikat. Hasil analisis Uji Kemudian variabel memiliki taraf signifikansi atau probabilitas 0,000 < 0,05 yang artinya tidak signifikan. Jadi diperoleh Thitung > Ttabel yaitu 11,567 > 1.708 maka ditolak, diterima, artinya terdapat pengaruh antara profesionalisme guru terhadap motivasi belajar siswa. Pada indikator penguasaan materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang di tempu mendapatkan nilai rata rata 3,79. Pada indikator menguasai KI/KD mata pelajaran/bidang pengembangan yang di tempuh mendapatkan nilai rata-rata 4,14. Indikator mengembangkan materi pembelajaran yang di tempuh secara kreatif mendapatkan nilai rata-rata 3,79. Indikator mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan dengan melakukan tindakan relektif dengan rata-rata 3,77. Indikator memanfaatkan teknologi dan komonikasi untuk berkomonikasi dan mengembangkan diri dengan nilai rata-rata 3,76. Profesionalisme guru dengan nilai rata-rata yang tinggi adalah pada indikator menguasai KI/KD mata pelajaran/bidang pengembangan yang di tempuh dengan nilai rata-rata 4,14

Kata Kunci : Profesionalisme Guru, Motivasi, Siswa

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 06 Jul 2022 06:45
Last Modified: 06 Jul 2022 06:45
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/5833

Actions (login required)

View Item View Item