Upaya Guru Akidah Akhlak dalam Membimbing Sikap Tawadhu Siswa Kelas XII MA Terpadu Nurul Qodiri

Aziz, M Sofyan (2022) Upaya Guru Akidah Akhlak dalam Membimbing Sikap Tawadhu Siswa Kelas XII MA Terpadu Nurul Qodiri. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI M. Sofyan Aziz - sofyan aziz.pdf - Other

Download (7MB)

Abstract

Akidah akhlak merupakan salah satu mata pelajaran yang wajib di Madrasah Aliyah Terpadu Nurul Qodiri khusunya, karna berada dibawah naungan pondok pesantren. Menduduki peran yang strategis dalam upaya membimbing kepribadian, menanamkan nilai-nilai akhlak, sikap, kecerdasan, pengetahuan, pemahaman prilaku adab sesama manusia. Namun pada kenyataan dikeseharian siswa masih banyak yang berprilaku membedakan diantara guru yang berdomisili di pondok pesantren dengan guru yang berasal dari luar pondok pesantren, siswa lebih bersikap hormat dan taat kepada guru yang berasal dari pondok pesantren. Maka dalam hal ini guru akidah akhlak dituntut lebih berupaya dalam membimbing sikap tawadhu siswa. Berdasarkan permasalahan diatas, pertanyaan penelitian ini yaitu, bagaimana upaya guru akidah akhlak dalam membimbing sikap tawadhu siswa kelas XII MA Terpadu Nurul Qodiri? Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahuai upaya yang dilakukan Guru Akidah Akhlak dalam Membimbing Sikap Tawadhu Siswa MA Nurul Qodiri. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif Deskriptif dengan mengambil latar MA Nurul Qodiri. Sumber datanya adalah Guru Akidah Akhlak sebagai data primer (data utama) dan data dari Dokumentasi sebagai data sekunder (data pelengkap). Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian bahwa upaya yang dilakukan oleh guru akidah akhlak dalam membimbing sikap tawadhu siswa sudah cukup baik. hal ini terbukti dari beberapa upaya yang dilakukan oleh guru akidah akhlak dalam membimbing sikap tawadhu siswa, adapun hal-hal yang dilakukan oleh guru akidah akhlak diantaranya: 1) Mengajarkan siswa untuk memberi salam, menyapa, dan senyum ketika bertemu guru. 2) Membimbing siswa untuk patuh kepada perintah guru, berfikir sebelum berbicara dengan guru, dan selalu menjaga nama baik guru. 3), membina siswa dengan nasihat dan teguran kepada siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 15 Jul 2022 02:23
Last Modified: 15 Jul 2022 02:23
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/5913

Actions (login required)

View Item View Item