Upaya Guru Al-Islam dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’andi SMA Muhammadiyah Pekalongan

Humaidi, Dzaki (2019) Upaya Guru Al-Islam dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’andi SMA Muhammadiyah Pekalongan. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
SKRIPSI DZAKI HUMAIDI - Perpustakaan IAIN Metro.pdf - Other

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas X SMA Muhammadiyah Pekalongan, dimana hasil pra-survey diketahui bahwa masih banyak yang belum mampu membaca Al-Qur‟an dengan baik dan benar, dalam wawancara penulis dengan guru Pendidikan Agama Islam dijelaskan bahwa banyak siswa yang belum memahami panjang pendeknya dalam membaca Al-Qur‟an, siswa belum memahami tajwid, dan sebagian ada juga yang belum bias membedakan huruf hijaiyah.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur‟an, mengetahui metode yang diterapkan oleh guru Pendidikan agama islam dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur‟an, untuk mengetahui apa saja yang menjadi pendukung dan penghambat upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur‟an di SMA Muhammadiyah Pekalongan Lampung timur.

Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Peneliti menggunakan pengumpulan data dengan tehnik wawancara, observasi dan dokumentasi. Metode ini bertujuan untuk mengetahui upaya guru dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur‟an. hasil penelitian menyatakan bahwa upaya guru dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur‟an di SMA Muhammadiyah pekalongan dilakukan dengan pertama,upaya guru dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur‟an di SMA Muhammadiyah Pekalongan dilakukan dengan optimalisasi pelaksanaan proses pembelajaran intra kulikuler. Proses pembelajaran intra kulikuler dilaksanakan setiap hari kecuali hari senin dan sabtu, yaitu pukul 07.00-07.30 sebelum mata pelajaran dimulai. Selain itu guru Al-Islam dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur‟an siswa yaitu, memilih metode yang bervariasi, pemberian motivasi dan bekerja sama dengan orangtua siswa.Kedua metode yang digunakan guru dalam menjelaskan ilmu tajwid agar siswa dapat memahami dan melafalkan ayat-ayat Al-qur‟an dengan baik dan benar sesuai dengan ilmu tajwid, yaituguru melakukan pembelajaran dengan siswa dengan menggunakan metode sorogan, karena metode ini sangat efektif digunakan untuk siswa yang tergolong kurang dalam penguasaan membaca Al-Qur‟an. Ketiga Faktor pendukung upaya guru Al-Islam dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur‟an di SMA Muhammadiyah Pekalongan adalah tersedianya sarana pembelajaran Al-Qur‟an dan terdapatnya siswa yang lebih pintar dalam setiap kelompok. Keempat Faktor penghambat dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur‟an yaitu lemahnya pemahaman siswa terhadap ilmu tajwid dan kurangnya perhatian orangtua terhadap anak

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 09 Jan 2020 02:14
Last Modified: 09 Jan 2020 02:14
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/602

Actions (login required)

View Item View Item